Taliban: Pemerintahan Ini Hanya Sementara, Kami akan Cari Kursi untuk Perempuan

rmol.id | Global | Published at 09/09/2021 09:23
Taliban: Pemerintahan Ini Hanya Sementara, Kami akan Cari Kursi untuk Perempuan

RMOL.Taliban memberikan tanggapan atas banyaknya kritik mengenai susunan pemerintahan baru Afghanistan yang diumumkan pada Selasa malam (7/9) waktu setempat.

Berdasarkan pengumuman, dari 33 formasi kabinet baru, tidak ada satu pun yang diisi oleh perempuan. Hal ini memicu banyak kritik dan protes lantaran Taliban telah berkomitmen untuk membentuk pemerintahan yang inklusif.

Jurubicara Taliban Zabihullah Mujahid pada Rabu (8/9) menekankan, pihaknya akan mencari posisi di pemerintahan untuk perempuan karena formasi yang ada saat ini hanya bersifat sementara.

"Pemerintahan ini sementara. Kami akan memiliki pos untuk perempuan dengan menghormati hukum Syariah. Ini adalah permulaan, tetapi kami akan mencari kursi untuk perempuan. Mereka dapat menjadi bagian dari pemerintahan. Ini akan menjadi tahap kedua," ujar Mujahid, seperti dimuat Sputnik.

Sehari setelah pengumuman pemerintahan baru Afghanistan oleh Taliban, para perempuan menggelar protes di Dashte Barchi menuntut partisipasi mereka.

Protes yang sama juga dilakukan oleh para perempuan di Kunduz.

Organisasi Wanita PBB juga menyatakan kekecewaan mereka atas komposisi pemerintahan baru Afghanistan. Organisasi itu menyebut mereka juga telah menerima banyak laporan tentang perempuan yang dilarang meninggalkan rumah untuk pergi bekerja atau menyelesaikan tugas sehari-hari. []

Artikel Asli