Korea Utara Gelar Parade Militer Malam Hari, Ada Rudal Balistik Baru?

inewsid | Global | Published at 09/09/2021 08:20
Korea Utara Gelar Parade Militer Malam Hari, Ada Rudal Balistik Baru?

SEOUL, iNews.id - Korea Utara (Korut) menggelar parade militer pada malam hari. Biasanya Korut mengadakan parade militer pada malam hari untuk menunjukkan persenjataan baru, termasuk rudal balistik.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap melaporkan, parade berlangsung di Pyongyang pada Kamis (9/9/2021) dini hari yang juga bersamaan dengan Hari Nasional negara itu. Namun belum ada laporan yang mengungkap soal persenjataan baru yang dihadirkan saat itu.

"Ada tanda-tanda bahwa Korea Utara melakukan parade militer di Pyongyang lepas tengah malam. Militer (Korea Selatan) sedang menganalisis tanda-tanda itu," kata seorang sumber kepada Yonhap.

Sementara itu media yang khusus menyoroti Korut NK News, mengutip beberapa sumber, melaporkan parade dimulai sejak tengah malam. Aktivitas warga sudah terlihat di dekat Lapangan Kim Il Sung, Pyongyang, sejak Rabu malam. Saat itu jalan-jalan ditutup sehingga tidak ada kendaraan biasa melintas.

Disebutkan, acara juga dimeriahkan dengan kembang api di pusat kota Pyongyang pada tengah malam serta sekitar pukul 01.00 waktu setempat.

Pekan lalu 38 North, organisasi yang melacak aktivitas rahasia Korut, mengungkap gambar satelit yakni banyak pasukan terlihat bersiap latihan untuk kemungkinan parade militer.

Parade militer malam hari sebelumnya digelar Korut pada Januari 2021 dan Oktober 2020.

Artikel Asli