Menlu Pakistan: Jangan Melihat Pemerintahan Baru Afghanistan dengan Kacamata Lama

rmol.id | Global | Published at 09/09/2021 08:22
Menlu Pakistan: Jangan Melihat Pemerintahan Baru Afghanistan dengan Kacamata Lama

RMOL.Pakistan mengajak dunia untuk tidak melihat pemerintahan baru Afghanistan yang diumumkan Taliban dengan kacamata lama, alih-alih pendekatan pragmatis.

Dalam pertemuan virtual dengan China, Iran, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan pada Rabu (8/9), Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi menyerukan "new normal" di Afghanistan untuk mencegah krisis kemanusiaan dan kehancuran ekonomi yang semakin parah.

Jika krisis kemanusiaan dapat dicegah dan stabilitas ekonomi terjamin, maka perdamaian dapat dikonsolidasikan dan eksodus massal dapat dicegah," ujarnya, seperti dikutip Sputnik.

Qureshi juga mendesak negara-negara untuk meningkatkan keterlibatan internasional di Afghanistan, termasuk kantor diplomatik yang akan meyakinkan rakyat Afghanistan.

Saat ini, hanya ada beberapa negara, seperti Pakistan, China, dan Rusia yang mempertahankan kehadiran diplomatik di Afghanistan.

Taliban telah menyerukan kembalinya para diplomat ke Afghanistan dan menyatakan bahwa mereka menginginkan hubungan persahabatan dengan pemerintah lain. []

Artikel Asli