Korea Utara Gelar Parade Militer di Malam Hari

republika | Global | Published at 09/09/2021 08:08
Korea Utara Gelar Parade Militer di Malam Hari

REPUBLIKA.CO.ID,PYONGYANG -- Korea Utara tampaknya telah menggelar parade militer malam hari. Parade itu menampilkan armada jenis yang telah digunakan di masa lalu untuk mengungkapperalatan militer baru termasuk rudal balistik besar.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap mengatakan, pawai tampaknya telah berlangsung di Pyongyang pada Kamis (9/9). Sementara publikasi daring NK News mengutip beberapa sumber yang mengatakan parade akan dimulai pada tengah malam pada 9 September yang merupakan hari nasional Korea Utara.

NK News mengatakan warga terlihat hingga larut malam mempersiapkan parade di dekat Lapangan Kim Il Sung Pyongyang. Jalan ditutup dan tidak ada kendaraan biasa yang terlihat.

Sumber melaporkan kembang api terlihat di pusat kota Pyongyang pada tengah malam dan sekitar pukul 01.00. Diduga acara berlangsung selama durasi waktu tersebut.

"Ada tanda-tanda bahwa Korea Utara melakukan parade militer di Pyongyang setelah tengah malam. Militer (Korea Selatan) sedang menganalisis tanda-tanda itu," ujar laporan Yonhap mengutip sumber militer yang tidak disebutkan namanya.

Pekan lalu, NK News dan 38 North , organisasi lain yang melacak peristiwa di Korea Utara yang rahasia, mengatakan pasukan telah terlihat dalam citra satelit komersial yang bersiap untuk kemungkinan parade militer. Pada Oktober lalu, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un meluncurkan rudal balistik antarbenua yang sebelumnya tidak terlihat dalam parade militer dini hari yang memamerkan senjata jarak jauh negara itu untuk pertama kalinya dalam dua tahun. Parade militer malam hari lainnya diadakan pada Januari.

Artikel Asli