Gelar Resepsi Diplomatik Di Kopenhagen Dubes Dewi Savitri Suguhkan Martabak Telor Hingga Ketan

rm.id | Global | Published at 09/09/2021 08:01
Gelar Resepsi Diplomatik Di Kopenhagen Dubes Dewi Savitri Suguhkan Martabak Telor Hingga Ketan

Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Kopenhagen menyelenggarakan jamuan kenegaraan Resepsi Diplomatik, memperingati perayaan Hari Ulang tahun (HUT) ke-76 Indonesia di Wisma Duta Besar, Senin (6/9).

Resepsi ini juga dalam rangka memperingati 71 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Denmark. Acara yang dihadiri sekitar 150 tamu itu, diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. lalu, dilanjutkan dengan lagu Kebangsaan Denmark Der er et Yndigt Land yang dibawakan secara instrumental menggunakan piano.

Dalam sambutannya, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Denmark, Dewi Savitri Wahab menyampaikan perkembangan hubungan bilateral antara Indonesia dan Denmark.

Hubungan bilateral terjalin semakin solid di berbagai bidang. termasuk investasi dan perdagangan, proyek infrastruktur Denmark di Indonesia, kesehatan, dan energi terbarukan, katanya.

Peningkatan kerja sama investasi di tengah pandemi Covid-19, jelasnya, menjadi bukti eratnya kemitraan Indonesia dan Denmark.

Tercatat, investasi Denmark ke Indonesia sampai dengan triwulan I2021 adalah 9,35 juta dolar AS, atau sekitar Rp 133 triliun.

Angka ini merujuk pada 74 proyek investasi. Perusahaan perusahaan Denmark seperti ECCO, ISS, Novo Nordisk, dan Maersk juga mantap berkiprah di Indonesia, terlepas dari ada nya pandemi saat ini.

Keberhasilan hubungan bilateral lainnya adalah semakin eratnya hubungan antar masyarakat kedua negara. Khususnya di bidang pendidikan.

Sebagai catatan, enam universitas di Denmark kembali menjadi tujuan penerima beasiswa lembaga Pengelola Dana Pendidikan (lPDP) Kementerian Keuangan tahun ini.

Kami juga mengapresiasi individuindividu yang terlibat langsung dalam meningkatkan hubungan masyarakat In donesia dan Denmark melalui karya mereka. termasuk buku, lukisan, hingga restoran In donesia, sambung Dewi.

Resepsi diplomatik kali ini juga menjadi sarana promosi Indonesia melalui tampilan beberapa tarian tradisional dan lukisan Indonesia di Wisma Duta, KBRI Kopenhagen.

Para tamu juga dimanjakan beragam hidangan tanah air. Seperti mie goreng, berbagai jenis sate, martabak telor, ketan rendang, rujak.

Hadir juga deretan jajanan tradisional Indonesia seperti bubur ketan hitam, lapis legit, klepon, dan pastel. Resepsi dilaksanakan sete lah pelonggaran pembatasan Covid-19 oleh Pemerintah Denmark.

Saat ini, Pemerintah Denmark telah memperbolehkan acara perkumpulan yang melibatkan banyak orang, tanpa memberikan batasan jumlah tamu. [ DAY ]

Artikel Asli