Enggan Kirim Atlet ke Olimpiade Tokyo, Korea Utara Diskors dari Olimpiade Beijing 2022

rmol.id | Global | Published at 09/09/2021 07:56
Enggan Kirim Atlet ke Olimpiade Tokyo, Korea Utara Diskors dari Olimpiade Beijing 2022

RMOL.Komite Olimpiade Internasional (IOC) secara resmi telah menskors Korea Utara dari Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 lantaran Pyongyang enggan mengirim tim ke Olimpiade Musim Panas Tokyo 2022.

Berbicara selama konferensi pers setelah pertemuan dewan eksekutif IOC pada Rabu (8/9), Presiden IOC Thomas Bach mengatakan, Komite Olimpiade Korea Utara ditangguhkan hingga 2022 dan pengecualian dapat diperpanjang.

Mereka juga akan kehilangan pendanaan yang seharusnya dibayarkan dari keikutsertaan Olimpiade Tokyo. Tidak diketahui berapa jumlah pendanaan tersebut, namun berpotensi jutaan dolar.

"Atlet individu dari Korea Utara yang lolos untuk bertanding di Beijing masih bisa diterima dengan keputusan tersendiri di kemudian hari," kata Bach, seperti dikutip The Guardian.

Pada April, Korea Utara menarik timnya dari Olimpiade Tokyo dengan alasan perlunya melindungi para atlet dari pandemi Covid-19.

"Mereka melanggar Piagam Olimpiade dan tidak memenuhi kewajiban mereka sebagaimana tercantum dalam piagam Olimpiade untuk berpartisipasi," jelas Bach.

Sebelum menolak Olimpiade Tokyo, Korea Utara mengirim 10 atlet ke Olimpiade Musim Dingin 2018. Pyongyang juga absen pada Olimpiade di Sochi, Rusia pada 2014, dan hanya mengirim dua atlet ke Vancouver pada 2010.

Sementara itu, Olimpiade Beijing akan digelar pada 4 Februari hingga 20 Februari 2022. []

Artikel Asli