Duterte Siap Turun Jabatan Jadi Wapres Filipina Tahun Depan: Saya Cinta Tanah Air

inewsid | Global | Published at 09/09/2021 07:42
Duterte Siap Turun Jabatan Jadi Wapres Filipina Tahun Depan: Saya Cinta Tanah Air

MANILA, iNews.id - Presiden Filipina Rodrigo Duterte menegaskan kesiapan maju dalam pemilu tahun depan sebagai calon wakil presiden. Dia menerima pencalonan yang diusulkan partainya, PDP-Laban, meski belum mengetahui siapa pasangannya.

Dalam pidatonya di televisi, Rabu (8/9/2021) malam, Duterte mengatakan keputusannya itu dilandasi rasa cinta terhadap tanah air. Dia ingin ada kesinambungan kebijakan antara pemerintahannya saat ini dengan yang akan datang.

"Ini benar-benar karena saya ingin melihat kesinambungan meski mungkin tidak bisa memberikan arahan (langsung), tapi mungkin bisa membantu," kata Duterte, menjelaskan peran sebagai wakil presiden, dikutip dari Reuters, Kamis (9/9/2021).

Berdasarkan aturan di Filipina, presiden hanya bisa menjabat satu periode yakni 6 tahun.

Para pengkritik menganggap rencana pria 76 tahun itu untuk maju kembali dalam pemilu tahun depan sebagai akal-akalan untuk menghindari upaya hukum. Duterte menjadi target rencana penyelidikan Pengadilan Kriminal Internasional di Den Haag, Belanda, atas tuduhan pelanggaran HAM dalam memerangi kejahatan narkoba. Sejak Duterte menjabat presiden pada 2016, ribuan orang tewas di luar proses pengadilan.

Selain itu ada pula anggapan Duterte masih berambisi menjadi presiden. Teori yang mengemuka, presiden mendatang akan mengundurkan diri sehingga Duterte bisa naik kembali.

PDP-Laban mencalonkan senator yang juga orang dekat Duterte, Christopher 'Bong' Go, untuk maju dalam pemilihan presiden, namun dia menolak. Go berasalan dia memilih fokus pada penanganan pandemi Covid-19 ketimbang maju dalam pencalonan.

Penolakan Go ini membuka peluang bagi putri Duterte, Sara Duterte Carpio (63), mencalonkan diri sebagai presiden yang diusulkan dari partai berbeda. Beberapa polling menunjukkan Sara diunggulkan untuk memenangkan pilpres 2022.

Artikel Asli