Tragis, Menteri Darurat Rusia Meninggal Saat Menyelamatkan Nyawa Orang

sindonews | Global | Published at 09/09/2021 03:32
Tragis, Menteri Darurat Rusia Meninggal Saat Menyelamatkan Nyawa Orang

MOSKOW - Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengkonfirmasi Menteri Situasi Darurat Rusia Yevgeny Zinichev meninggal dunia. Ia juga menyatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah diberitahu tentang insiden tragis itu.

Kremlin mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengirim pesan kepada keluarga Zinichev untuk menyampaikan belasungkawa.

"Presiden Putin menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas kematian tragis Yevgeny Zinichev. Mereka dihubungkan oleh kerja bersama selama bertahun-tahun. Ini adalah kehilangan besar. Presiden mengirim pesan dengan belasungkawa kepada keluarga dan teman-teman menteri," kata Peskov seperti dikutip dari Sputnik , Kamis (9/9/2021).

Menurut laporan, sang menteri sedang berdiri di tepi tebing, ketika seorang juru kamera terpeleset dan jatuh. Zinichev segera terjun dari tebing dalam upaya menyelamatkan korban dari air, tetapi menghantam batu, dan mendapatkan luka serius.

Mereka berdua dirawat di rumah sakit tetapi meninggal di atas helikopter layanan darurat.

"Kementerian Situasi Darurat Rusia dengan menyesal menginformasikan bahwa Yevgeny Zinichev meninggal secara tragis dalam menjalankan tugas ketika dia menyelamatkan nyawa seseorang di latihan antardepartemen untuk melindungi zona Arktik dari keadaan darurat," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin mengatakan mendiang menteri darurat telah berkontribusi secara signifikan terhadap perlindungan kepentingan nasional Rusia, pencegahan keadaan darurat dan penanggulangannya.

"Seorang pemimpin kelas atas yang profesional, kompeten, dan berprinsip, Yevgeny Nikolaevich Zinichev menikmati otoritas yang besar. Kami akan selamanya menyimpan kenangan baik dari pria yang kuat, berani, dan tidak mementingkan diri sendiri ini, seorang perwira Rusia, pembela Tanah Air", kata perdana menteri Rusia itu dalam sebuah pernyataan.

Zinichev lahir di Leningrad (sekarang Saint Peterburg) pada 1966. Pada 1987, ia menjadi perwira KGB dan sejak 1991 bertugas di Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB), memegang berbagai jabatan dan menemani Presiden Vladimir Putin dalam perjalanan kerjanya. Zinichev menjadi menteri situasi darurat pada 2018, setelah menjabat sebagai wakil direktur Layanan Keamanan Rusia.

Artikel Asli