30 Persen Spesies Pohon Dunia Terancam Punah

Global | republika | Published at Rabu, 01 September 2021 - 17:26
30 Persen Spesies Pohon Dunia Terancam Punah

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON - Botanic Gardens Conservation International (BCGI) mengungkapkan sepertiga spesies pohon di dunia berada dalam risiko kepunahan. Penemuan itu menunjukkan pentingnya tindakan penyelamatan.

Dalam laporan bertajuk, State of the Worlds Trees , yang diterbitkan pada Rabu (1/9), BCGI menyebut terdapat 17.500 spesies pohon yang berisiko punah. Jumlah itu sekitar 30 persen dari total spesies yang diketahui. Sementara 440 spesies memiliki kurang dari 50 pohon di alam liar.

Laporan itu mengatakan, secara keseluruhan, jumlah spesies pohon terancam punah berjumlah dua kali lipat gabungan mamalia, burung, amfibi, dan reptil dengan kondisi serupa. Laporan ini adalah peringatan bagi semua orang di seluruh dunia bahwa pohon membutuhkan bantuan, kata Sekretaris Jenderal BGCI Paul Smith dalam sebuah pernyataan.

Magnolia dan dipterocarps adalah spesies pohon yang masuk dalam daftar terancam punah. Kedua spesies itu umumnya ditemukan di hutan hujan Asia Tenggara. Pohon ek, maple, dan eboni juga terancam.

Artikel Asli