Paus Fransiskus Tepis Akan Mengundurkan Diri

Global | inewsid | Published at Rabu, 01 September 2021 - 17:04
Paus Fransiskus Tepis Akan Mengundurkan Diri

VATICAN CITY, iNews.id - Paus Fransiskus menepis laporan surat kabar Italia bahwa dirinya akan mengundurkan diri sebagai pemimpin Katolik dunia terkait penyakit yang diderita. Pria asal Argentina itu menegaskan tidak berpikir untuk mundur pasca-operasi pada Juli lalu.

Dalam wawancara dengan stasiun radio Spanyol, COPE, Paus mengatakan tak terlintas dalam benaknya untuk mundur.

"Saya tidak tahu dari mana mereka (surat kabar Italia) mendapatkannya pada pekan lalu bahwa saya akan mengundurkan diri, bahkan itu tidak terlintas di benak saya," ujarnya, seperti dilaporkan kembali Reuters, Rabu (1/9/2021).

Pada kesempatan itu Paus Fransiskus berterima kasih kepada seorang pria perawat di Vatikan karena meyakinkannya untuk menjalani operasi pengangkatan sebagian usus besar. Opsi itu disarankan sang perawat kepadanya ketimbang melanjutkan pengobatan menggunakan antibiotik dan obat-obatan lain.

"Dia menyelamatkan hidup saya," kata pria 84 tahun itu.

Paus menjalani operasi pada 4 Juli terkait penyempitan usus besar dan menghabiskan waktu 11 hari di rumah sakit.

"Sekarang saya bisa makan semua yang sebelumnya tidak mungkin. Saya menjalani kehidupan yang benar-benar normal," katanya, seraya menambahkan 33 sentimeter ususnya telah diangkat dalam operasi itu.

Menegaskan tak akan mengundurkan diri, Paus lalu mengatakan hampir pasti akan menghadiri Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP26) di Glasgow, Skotlandia, pada November. Sebelum itu, dia akan berkunjung ke Hongaria dan Slovakia pada 12-15 September, disusul dengan Siprus, Yunani, dan Malta.

Surat kabar Italia Libero melaporkan pada 23 Agustus akan ada pertemuan rahasia di mana para kardinal akan memilih pemimpin Katolik baru terkait pengunduran diri Paus. Disebutkan, Paus Fransiskus telah berbicara mengenai rencana pengunduran diri, mungkin bertepatan dengan ulang tahunnya ke-85 pada Desember.

Artikel Asli