33 Fakta Menarik Afganistan yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Global | katadata.co.id | Published at Rabu, 01 September 2021 - 17:25
33 Fakta Menarik Afganistan yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Negara Afganistan dirundung konflik perebutan wilayah kekuasaan dengan kelompok bersenjata Taliban. Kini negara tersebut telah kehilangan lebih dari 65 persen wilayahnya yang telah diambil alih oleh Taliban.

Konflik ini telah berlangsung sejak pertengahan 1990-an, dimulai dengan perebutan Provinsi Herat, di perbatasan Iran. Setelah lebih dari 25 tahun menduduki Afganistan, kini Taliban telah menguasai lebih dari separuh negara tersebut.

Meski demikian, Afganistan merupakan salah satu negara di timur tengah yang memiliki bermacam keunikan.

Berikut 33 fakta tentang negara Afganistan, dikutip dari berbagai sumber.

  1. Kota Kabul yang menjadi Ibu Kota negara merupakan kota terbesar di Afganistan.
  2. Afganistan merupakan negara yang dikurung oleh daratan dengan berbatasan dengan Iran, Pakistan, Uzbekistan, Turkmenistan, Tajikistan dan Tiongkok.
  3. Orang- orang Afganistan disebut Afganistan dan mata uang mereka Afganistan. Seringkali, orang menjadi bingung antara penggunaan kedua istilah ini.
  4. Pertanian adalah sumber pendapatan utama bagi warga Afganistan. Afganistan juga kaya akan sumber daya alam seperti gas alam dan minyak.
  5. Buzkashi adalah permainan nasional Afganistan . Pemain dalam dua tim mencoba menangkap seekor kambing sambil menunggang kuda. Game ini dimainkan selama berabad-abad dan merupakan olahraga yang sulit.
  6. Afganistan merdeka pada 19 Agustus 1919. Mereka berperang tiga kali dengan Inggris setelah itu mereka menyatakan diri merdeka. Mereka tidak secara langsung diperintah oleh Inggris tetapi urusan luar negeri mereka dipengaruhi oleh Inggris.
  7. Afganistan telah menjadi berita lebih dari negara mana pun dalam dekade terakhir.
  8. Tahun Baru dirayakan oleh warga Afganistan setiap 21 Maret. Mereka menyebutnya "Nawroz". Ini adalah festival pra-Islam yang dirayakan ribuan pelancong dari seluruh Afganistan ke kota Mazar-e-Sharif. Ada masjid di tengah kota yang dikenal sebagai Masjid Biru atau ' Kuil Hazrat Ali' sepupu dan menantu Nabi Islam Muhammad (SAW).
  9. Jangkauan telepon seluler tersedia di lebih dari 90% negara Afganistan. Ponsel seakan menjadi simbol status di negara tersebut.
  10. Masyarakat Afganistan merayakan malam puisi pada hari Kamis di kota barat Herat. Orang-orang dari semua kelompok umur berkumpul untuk berbagi puisi modern dan kuno serta menikmati makanan enak bersama dengan teh manis.
  11. Alexander Agung merebut kota Herat pada tahun 330 SM dan membangun benteng kunonya. Alexander memiliki seorang putra dengan seorang wanita cantik dari provinsi Balkh di Afganistan.
  12. Arnold Schwarzenegger adalah poster boy di banyak pusat pembentukan otot di Afganistan. Mereka mengatakan dia (Arnold Schwarzenegger) terlihat seperti orang Afganistan.
  13. Lapangan terbang Kandahar pernah menjadi landasan pacu tunggal tersibuk di dunia ketika menangani 1.700 hingga 5.000 penerbangan seminggu. Di sana, NATO memasang kemampuan lalu lintas udara lengkap pertamanya di negara non-NATO.
  14. Patung Buddha terbesar di dunia (dua di antaranya) pertama kali dibangun di Afganistan. Patung-patung ini dihancurkan oleh Taliban pada tahun 2001.
  15. Lukisan minyak pertama di dunia digambar di gua "Bamiyan" sekitar 650 SM.
  16. Hanya ada satu orang Yahudi yang tinggal di Afganistan. Namanya Zablon Simintov dan dia adalah pemilik restoran dan pedagang karpet Afganistan. Ia lahir pada tahun 1959.
  17. Ada peningkatan 300% dalam penanaman Opium di Afganistan pada tahun 2013 jika dibandingkan dengan tujuh tahun terakhir sebelum invasi Amerika Serikat (AS). Afganistan juga pernah menjadi produsen ganja terbesar.
  18. Afganistan telah menjadi negara yang dilanda perang selama beberapa dekade dan telah berada di bawah pengaruh militer dari banyak kekuatan termasuk Soviet, Inggris, Mongol, Arab Muslim, Maurya, Alexandra Agung, dan belakangan di bawah kekuatan barat.
  19. Afganistan diperkirakan dihuni oleh manusia setidaknya sejak 50.000 tahun yang lalu.
  20. Muslim Arab menyebarkan agama Islam di Afganistan pada tahun 642 M di Herat dan Zarang. Mereka mengakui Afganistan sebagai Al Hind (karena kedekatan Afganistan dengan India).
  21. Buddhisme dan Zoroastrianisme adalah agama dominan di Afganistan sebelum masuknya Islam.
  22. Jenghis Khan dan pasukan Mongolnya menyebar dengan cepat di Afganistan pada tahun 1219 M.
  23. Ahmad Shah Durrani, yang juga dikenal sebagai " Bapak Bangsa", adalah pendiri kerajaan Afganistan terakhir. Dia dimahkotai raja pada tahun 1747. Dia mengkonsolidasikan negara dari kerajaan dan provinsi yang terfragmentasi menjadi satu kerajaan.
  24. Setelah kematian Ahmad Shah Durrani pada tahun 1772, putranya, Timur Shah menggantikannya.
  25. Pada tahun 1776, Timur Shah memindahkan ibu kota Afganistan dari Kandahar ke Kabul.
  26. Perang saudara terjadi di negara itu antara tahun 1992 dan 1996. Diperkirakan 50.000 orang tewas di negara itu dalam pertikaian mujahidin selama perang saudara.
  27. Taliban (gerakan politik fundamentalis Islam Sunni di Afganistan) sebelumnya pernah memerintah negara itu selama hampir 5 tahun antara 1996 dan 2001.
  28. Pada tahun 2004, Hamid Karzai menjadi presiden Afganistan pertama yang terpilih secara demokratis.
  29. Setelah serangan September 2001 di Amerika Serikat yang diduga dilakukan oleh pasukan Al Qaeda pimpinan Osama Bin Laden, koalisi AS dan Inggris melancarkan serangan militer ke kota-kota besar Afganistan termasuk Kabul, melawan rezim Taliban.
  30. Istilah Afganistan diterjemahkan menjadi tanah orang Afganistan.
  31. Afganistan juga merupakan tanah dari banyak situs bersejarah dan menjadi negara terpadat ke- 37 di dunia.
  32. Lokasi Afganistan di jalur sutra memberikan berbagai keuntungan ekonomi dan budaya.
  33. Afganistan dianggap sebagai tempat asal agama Zoroastrianisme.
Artikel Asli