PM Singapura Lee Hsien Loong Menang Gugatan Rp4 Miliar Kasus Pencemaran Nama Baik

Global | inewsid | Published at Rabu, 01 September 2021 - 16:07
PM Singapura Lee Hsien Loong Menang Gugatan Rp4 Miliar Kasus Pencemaran Nama Baik

SINGAPURA, iNews.id - Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong memenangkan gugatan terhadap dua blogger terkait kasus pencemaran nama baik. Kedua terdakwa, Rubaashini Shunmuganathan dan Xu Yuan Chen alias Terry Xu, diharuskan membayar ganti rugi sebesar 370.000 dolar Singapura atau sekitar Rp4 miliar kepada Lee.

Pengadilan Tinggi Singapura, Rabu (1/9/2021), menyatakan keduanya bersalah atas artikel di The Online Citizen pada 29 Agustus 2019 mengenai status rumah mendiang ayah Lee yang juga pendiri Singapura, Lee Kuan Yew.

Dalam tulisan disebutkan ada ketidaksepakatan antara Lee dan saudaranya mengenai apa yang harus dilakukan terhadap rumah tersebut.

Hakim Pengadilan Tinggi Singapura Audrey Lim mengatakan, artikel itu merugikan reputasi dan karakter Lee karena menuduhnya tidak jujur.

"Ini menyerang integritas pribadi Lee dan bisa sangat merusak kredibilitasnya, tidak hanya secara pribadi tapi juga sebagai perdana menteri, serta mempertanyakan kelayakannya secara integritas dalam memimpin," kata Lim, seperti dikutip dari Reuters.

Xu, seorang warga negara Singapura, diperintahkan membayar Lee 210.000 dolar, sedangkan Rubaashini, warga Malaysia, diharuskan membayar 160.000 dolar.

Lee sempat hadir di pengadilan saat sidang kasus ini bergulir di pengadilan pada Mei lalu. Saat itu dia mengatakan tuduhan sensasional telah dibuat dalam tulisan tersebut.

Sementara itu juru bicara Lee mengatakan, uang ganti rugi yang didapat Lee akan disumbangkan untuk amal.

Artikel Asli