Putin: Kehadiran AS Selama 20 Tahun di Afghanistan adalah Tragedi dan Kerugian

Global | rmol.id | Published at Rabu, 01 September 2021 - 15:42
Putin: Kehadiran AS Selama 20 Tahun di Afghanistan adalah Tragedi dan Kerugian

RMOL.Selama 20 tahun terakhir, kehadiran Amerika Serikat (AS) di Afghanistan tidak menghasilkan apa-apa, bahkan cenderung merugikan.

Presiden Rusia Vladimir Putin ikut mengomentari rampungnya proses penarikan pasukan AS dari Afghanistan setelah dua dekade militer mereka ada di sana.

Dengan lepas landasnya pesawat Boeing C-17 Globemaster terakhir dari Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul pada Senin (30/8), maka AS telah mengakhiri misinya.

Dalam sebuah diskusi pada Rabu (1/9), Putin menyebut kehadiran AS di Afghanistan merupakan tragedi.

"Tragedi dan kerugian yang berkaitan dengan AS dan terutama mereka yang tinggal di Afghanistan. Hasilnya nol, jika tidak dikatakan semuanya menjadi negatif," kata Putin, seperti dikutip Sputnik.

Putin mengatakan, intervensi AS di Afghanistan merupakan kesalahan karena tidak berangkat dari sejarah, budaya, dan filosofi, serta tradisi orang-orang setempat.

"Selama 20 tahun, tentara Amerika telah berada di wilayah ini dan selama 20 tahun, mereka mencoba membudayakan orang-orang yang tinggal di sana, untuk memperkenalkan norma dan standar hidup (Barat) dalam arti lebih luas, termasuk organisasi politik masyarakat," jelasnya. []

Artikel Asli