Bus Ngebut Masuk Jurang 200 Meter, 29 Orang Tewas

Global | inewsid | Published at Rabu, 01 September 2021 - 14:50
Bus Ngebut Masuk Jurang 200 Meter, 29 Orang Tewas

LIMA, iNews.id - Bus masuk jurang sedalam 200 meter di pegunungan Andes, Peru, Selasa (31/8/2021), menewaskan sedikitnya 29 orang. Kecelakaan tunggal itu terjadi di jalan utama dekat Kota Matacuna, menghubungkan Ibu Kota Lima dengan berbagai daerah di pegunungan Andes.

Pejabat kepolisian setempat mengatakan selain korban tewas 24 lainnya mengalami luka. Total ada 63 orang di dalam bus tersebut.

Korban selamat, Clinton Presentation Bacilio (24), mengatakan kepada media lokal El Comercio, bus melaju dalam kecepatan tinggi dalam perjalanan menuju Lima lalu menghantam batu dan terjun ke jurang.

Menurut dia, para penumpang berkali-kali mengingatkan pengemudi untuk memperlambat laju bus namun tak dihiraukan.

Saya ingat bus itu jatuh dan terus bergerak. Saya dan pasangan berpegangan kuat pada kursi," ujarnya, seperti dilaporkan kembali Daily Star, Rabu (1/9/2021).

Pasangan Clinton, Luz Merlina Tineo, mengalami luka cukup parah sehingga harus dilarikan ke rumah sakit.

Otoritas menyelidiki kecelakaan ini, salah satunya dugaan pengemudi melajukan kendaraan di atas batas kecepatan. Pasalnya sebelum kejadian ini bus yang sama juga pernah tersangkut kasus karena mengebut.

Berdasarkan aturan di Peru, bus penumpang tak boleh melaju di atas kecepatan 55 mil per jam (88 km/jam) di jalan raya.

Kecelakaan ini merupakan yang kedua di pegunungan Andes, Peru. Pada Jumat pekan lalu, bus mengangkut pekerja tambang masuk jurang menewaskan 16 orang.

Artikel Asli