Joe Biden: Jika Penarikan Dilakukan pada Juni, Itu Hanya Akan Mempercepat Kemenangan Taliban

Global | rmol.id | Published at Rabu, 01 September 2021 - 14:55
Joe Biden: Jika Penarikan Dilakukan pada Juni, Itu Hanya Akan Mempercepat Kemenangan Taliban

RMOL.Meskipun kehadiran pasukan AS di Afghanistan sudah berakhir, Presiden Joe Biden mengatakan bahwa Washington akan terus menargetkan militan di negara yang menjadi ancaman bagi Amerika Serikat. Namun, tentunya tidak lagi menggunakan militernya untuk mencoba membangun masyarakat demokratis yang kohesif.

Dalam pidato pertamanya setelah penarikan pasukan, bahwa keputusan penarikan pasukan AS bukan semata tentang Afghanistan saja.

"Keputusan tentang Afghanistan ini bukan hanya tentang Afghanistan. Tetapi ini tentang mengakhiri era operasi militer besar untuk membuat kemkbalinya negara lain," katanya. Menambahkan bahwa keputusan itu adalah pilihan terbaik yang ada untuk mengakhiri perang terpanjang AS.

Keputusan itu sendiri tidak mengubah apa pun bahkan jika dilakukan lebih cepat dari keputusannya. Misal saja ia membuat keputusan penarikan pada bulan Juni, maka itu berati hanya akan mempercepat kemenangan Taliban.

Taliban saat ini menguasai lebih banyak wilayah dibandingkan ketika mereka terakhir memerintah pada 2001 sebelum digulingkan.

Lebih dari 123.000 orang dievakuasi dari Kabul dalam pengangkutan udara besar-besaran oleh Amerika Serikat dan sekutunya selama dua minggu terakhir, tetapi banyak dari mereka yang membantu negara-negara Barat selama perang, tertinggal di Afghanistan.

"Saya tidak akan memperpanjang perang," tutup Biden. []

Artikel Asli