Temui Jokowi, Dubes Australia Harap Dapat Bekerja Sama

Global | rm.id | Published at Rabu, 01 September 2021 - 14:17
Temui Jokowi, Dubes Australia Harap Dapat Bekerja Sama

Duta BesarAustraliauntuk IndonesiaNikki Penelope Williams atau Penny Williams menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (1/9). Bersama tiga Dubes negara sahabat lainnya dari Ekuador, Irlandia, dan Mauritania.

Dubes Williams tiba diIndonesiapada awal 2021. "Pagi ini, saya menyerahkan surat kepercayaan saya kepada Presiden Jokowi. Sebagai Duta Besar perempuan pertama Australia untuk Indonesia, saya berharap dapat bekerja sama dengan Pemerintah dan rakyat Indonesia untuk lebih memperkuat hubungan dekat kita," tulis Williams dalam Twitter-nya.

Dubes Australia Penny Williams

Dubes Williams adalah pejabat senior di Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT). Sebelum ini, ia menjabat sebagai Wakil Sekretaris DFAT. Selain pernah bertugas sebagai Dubes Australia untuk Malaysia, ia juga merupakan Dubes Australia untuk Perempuan dan Anak Perempuan yang pertama.

Tak hanya itu, Dubes Williams dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan memiliki gelar Bachelor of Asian Studies (Honours) dengan fokus: Indonesia; dan Magister Antropologi Terapan dan Pembangunan Partisipatif.

Penyerahan Surat Kepercayaan tersebut digelar di Ruang Kredensial, Istana Merdeka, Jakarta. Prosesidimulai dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan dari masing-masing negara para dubes.

Adapun ketiga dubes lainnya adalah, 1.Santiago Javier Chvez Pareja, Duta Besar LBBP Republik Ekuador untuk Republik Indonesia; 2. Pdraig Francis, Duta Besar LBBP Republik Irlandia untuk Republik Indonesia; dan 3. Houssein Sidi Abdellah, Duta Besar LBBP Republik Islam Mauritania untuk Republik Indonesia.

Sejumlah protokol kesehatan dijalankan dalam prosesi tersebut. Penyerahan Surat Kepercayaan tersebut menandai dimulainya penugasan resmi para duta besar tersebut di Tanah Air.

Setelah selesai menyerahkan surat kepercayaan kepadaJokowi, para duta besar beserta pendamping masing-masing berpamitan. Lagu kebangsaan Indonesia Raya turut diperdengarkan pada kesempatan tersebut.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tony Harjono, Komandan Paspampres Brigjen TNI Tri Budi Utomo, serta Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler/KPN Kementerian Luar Negeri Andy Rachmianto.

Kerja Sama Kala Pandemi

Australia mendukung Indonesia dalam menghadapiCorono Virus Disease (Covid) Dukungan ini, dilakukan melalui bantuan oksigen dan alat kesehatan senilai 12 juta dolar AS atau sekitar Rp130 miliar. Antara lain, 1.000 ventilator, hingga 700 konsentrator oksigen, serta lebih dari 170 tabung oksigen.

Australia juga memberikan bantuan40.000 alat tesrapid-antigenkepada Indonesia. Tak hanya itu, Negeri Kanguru itu juga menyumbangkan2,5 juta dosisvaksin Covid-19 AstraZenecapada 2021.[ MEL ]

Artikel Asli