Uang Puluhan Juta Rupiah Tak Sengaja Ikut Terbakar bersama Kertas Dupa

Global | rmol.id | Published at Rabu, 01 September 2021 - 13:58
Uang Puluhan Juta Rupiah Tak Sengaja Ikut Terbakar bersama Kertas Dupa

RMOL.Kejadian tak terduga dialami sejumlah pekerja pemakaman di sebuah krematorium di Taiwan barat daya, di mana mereka menemukan sejumlah besar uang tunai yang dibakar bersama dengan uang joss (kertas dupa).

Praktisi layanan pemakaman mengatakan kepada media bahwa awalnya mereka sedang menjaga nyala api ketika menemukan uang yang terbakar bersama pakaian orang mati di Kantor Layanan Kamar Mayat Kota Chiayi pada Minggu (29/8).

Saat mereka sedang memadamkan api, para pekerja menemukan tumpukan amplop merah berisi uang kertas 1.000 dolar Taiwan, terselip di dalam beberapa pakaian, seperti dikutip dari Taiwan News, Selasa (31/8).

Pada awalnya, mereka mengira uang itu palsu, tetapi ketika mereka perhatikan dengan seksama, barulah mereka sadar bahwa uang itu asli dan bergegas mengeluarkannya dari lubang pembakaran.

Para pekerja mengatakan mereka membaca pesan ucapan selamat tahun baru tercetak di amplop. Kemungkinan, keluarga kerabat si mayat tidak menyadari bahwa amplop itu ikut terbawa saat menyiapkan pakaian jenazah yang akan dibakar.

Beruntung masih ada beberapa yang bisa diselamatkan. Setelah dihitung jumlahnya mencapai 205.900 dolar Taiwan (sekitar 98 juta rupiah), yang kemudian diserahkan kepada pihak berwajib. Polisi kemudian memasukkan uang itu sebagai barang hilang.

Direktur Kantor Layanan Kamar Mayat Kota Chiayi Lu Chun-lin mengatakan bahwa menurut adat istiadat rakyat, kerabat membakar uang joss dan pakaian almarhum untuk digunakan oleh almarhum di surga.

Namun, kerabat yang berduka mungkin terganggu, dan terkadang uang tunai dan perhiasan bisa terbakar, katanya. []

Artikel Asli