Tiba di Makedonia Utara, Kelompok Pertama Pengungsi Afghanistan Langsung Dikarantina di Hotel

Global | rmol.id | Published at Rabu, 01 September 2021 - 11:25
Tiba di Makedonia Utara, Kelompok Pertama Pengungsi Afghanistan  Langsung Dikarantina di Hotel

RMOL.Sebanyak 149 orang yang tergabung dalan kelompok pertama pengungsi Afghanistan mendarat di Makedonia Utara pada Senin malam (30/8) waktu setempat.

Penumpang dalam penerbangan pribadi Kam Air Afghanistan yang tiba di Bandara Internasional Skopje itu merupakan karyawan organisasi Barat di Afghanistan dan anggota keluarga mereka.

Setibanya di bandara, mereka langsung diperiksa oleh petugas medis dengan pakaian pelindung. Para pengungsi yang terdiri dari pria, wanita, dan anak-anak Afghanistan itu kemudian dipindahkan ke sebuah hotel di dekat ibu kota, Skopje.

Mereka akan diuji untuk virus corona dan diberikan visa tiga bulan sementara.

Menteri Luar Negeri Makedonia Utara, Bujar Osmani mengatakan para pengungsi adalah orang-orang yang sangat membutuhkan bantuan.

Ini adalah sekutu kami, orang-orang yang telah bekerja sama dengan kami dan yang hidupnya dalam bahaya, dan orang-orang yang paling membutuhkan bantuan, katanya, seperti dikutip dari AP, Rabu (1/9).

Makedonia Utara telah setuju untuk menampung sementara setidaknya 750 warga Afghanistan yang bekerja dengan pasukan internasional pimpinan AS.

Perdana Menteri Zoran Zaev mengatakan semua pengungsi akan dilindungi di hotel dekat Skopje, dengan bantuan dari organisasi internasional serta AS.

Makedonia Utara telah menjadi anggota NATO sejak 2020, dan memiliki pasukan di Afghanistan untuk mendukung penyebaran aliansi pada 2002-2014. []

Artikel Asli