Kini Muncul Covid Varian Mu, Apa Lagi Ini?

Global | inewsid | Published at Rabu, 01 September 2021 - 10:43
Kini Muncul Covid Varian Mu, Apa Lagi Ini?

JENEWA, iNews.id Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa (31/8/2021) menyatakan sedang memantau galur baru virus corona yang dikenal sebagai Covid varian mu. Varian yang secara ilmiah dikenal sebagai B.1.621 itu diklasifikasikan WHO sebagai varian menarik, Senin (30/8/2021) lalu.

Varian mu memiliki konstelasi mutasi yang menunjukkan sifat potensial untuk lolos dari kekebalan, ungkap WHO, dikutip kembali Alarabiyah , Rabu (1/9/2021).

Varian tersebut pertama kali diidentifikasi di Kolombia pada Januari lalu. Covid varian mu mirip dengan varian beta yang menurut WHO menunjukkan pengurangan kapasitas netralisasi serum penyembuhan dan vaksin.

Saat ini, varian mu memiliki wabah besar di Amerika Selatan dan Eropa. Meskipun prevalensi global varian mu di antara kasus berurutan telah menurun dan saat ini di bawah 0,1 persen, prevalensi di Kolombia (39 persen) dan Ekuador (13 persen) secara konsisten meningkat, kata badan PBB itu.

WHO mengungkapkan, dibutuhkan studi lebih lanjut untuk memahami karakteristik klinis dari varian ini.

Sejumlah varian lain virus corona telah lebih dulu menimbulkan kekhawatiran di kalangan pakar kesehatan di seluruh dunia. Varian delta yang pertama kali muncul di India, memiliki sifat sangat menular dan kemampuannya menyebabkan infeksi di antara beberapa orang yang divaksinasi.

Menurut data WHO, saat ini ada 193 negara yang menjadi persebaran varian alpha ada; 141 negara dengan varian beta; 91 negara dengan varian gamma, dan; 170 negara dengan varian delta.

Artikel Asli