Untuk Membalas Inggris, Rusia Tak Perpanjang Izin Kerja Jurnalis BBC

Global | koran-jakarta.com | Published at Rabu, 01 September 2021 - 07:20
Untuk Membalas Inggris, Rusia Tak Perpanjang Izin Kerja Jurnalis BBC

Moskow - Jurnalis BBC Sarah Rainsford meninggalkan Rusia pada Selasa setelah Moskow secara tiba-tiba menolak memperpanjang izin kerjanya dalam aksi saling balas dengan Inggris terkait sikap terhadap media asing.

Otoritas Rusia pada awal bulan ini memberitahuRainsford, satu dari dua koresponden media Inggris di Moskow, untuk meninggalkan Rusia.

Tindakan itu merupakan pembalasan atas apa yang disebut sebagai diskriminasi London terhadap para jurnalis Rusia yang bekerja di Inggris.

Otoritas Rusia menuduh London telah memperlakukan seorang jurnalis Rusia dengan tidak baik.

Jurnalis yang bekerja untuk kantor berita TASSdi Londonitu disebut telah dipaksa untuk meninggalkan Inggris pada 2019 usai perpanjangan visanya ditolak tanpa penjelasan.

Rusia mengatakan telah mencoba, namun gagal membuat Inggris memperbaiki situasi itu sebelum memutuskan untuk melakukan tindakan pembalasan.

BBCmenyebut pengusiran terhadap Rainsford sebagai "serangan langsung terhadap kebebasan media".

Pemerintah Inggris mendesak otoritas Rusia untuk mempertimbangkan kembali keputusan mereka, namun tidak berhasil.

Rainsford, yang mengaku sangat kecewa dengan tindakan Rusia itu, mengunggah gambar ke Twitter pada Selasa dari bandara Moskow sebelum terbang meninggalkan negara tersebut.

"Saya harus meninggalkan Rusia," tulisnya.

Kementerian luar negeri Rusia mengatakan dengan tegas bahwa pihaknya tak akan mengizinkan BBC untuk mengirimnya kembali atau menggantinya dengan orang lain sampai Inggris memberikan visa bagi jurnalis pemerintah Rusia.

Artikel Asli