Deal di Bursa Transfer Pemain Capai Rp 51 Triliun, Mana Klub Terboros?

Global | katadata.co.id | Published at Rabu, 01 September 2021 - 06:55
Deal di Bursa Transfer Pemain Capai Rp 51 Triliun, Mana Klub Terboros?

Bursa transfer musim panas 2021/2022 untuk kompetisi sepak bola Eropa, berakhir Selasa (31/8). Khusus untuk lima kompetisi paling bergengsi di Eropa, total transfer yang disepakati 98 klub mencapai 2,99 miliar euro, atau sekitar Rp 51 triliun.

Berdasarkan data Transfermarkt.com, Liga Inggris masih menjadi kompetisi yang menghabiskan uang paling banyak pada bursa transfer 2021/2022 yakni 1,35 miliar euro, atau sekitar Rp 23 triliun rupiah. Angka ini sebenarnya jauh lebih rendah dibandingkan musim lalu yakni 1,52 miliar euro atau pada puncaknya di musim 2017/2018sebesar 2,11 miliar euro.

Setelah Liga Inggris, kompetisi yang paling banyak menghabiskan dana adalah Serie A Italia yakni sebanyak 549,5 juta euro (Rp 9,4 triliun), Bundesliga Jerman sebesar 416,4 juta euro (Rp 7,1 triliun), Ligue 1 Prancis sebesar 384,4 juta euro (Rp 6,6 triliun), serta La Liga Spanyol sebesar 293 juta euro (Rp 5 triliun).

Seperti dugaan, klub-klub Liga Inggris adalah yang paling jor-joran menghabiskan uang di bursa transfer musim ini, dengan peringkat pertama ditempati Arsenal. AS Roma menjadi yang paling boros di Serie A Italia dengan transfer mencapai 97,7 juta euro. Sementara klub yang paling boros di La Liga adalahAtletico Madrid (65 juta euro), RB Leipzig di Bundesliga dengan 107,6 juta euro, dan Paris Saint-Germain (PSG)di Ligue 1 Prancis dengan83 juta euro.

Lalu, klubmana saja yang paling boros di bursa transfer musim ini? Berikut daftarnya:
1. Arsenal
Arsenal menghabiskan dana sebesar 165 juta euro atau sekitar Rp 2,8 triliun untuk mengarungi musim 2021. MunculnyaArsenal di urutan pertama klub dengan dana transfer terbesar musim ini terbilang mengejutkan mengingat klub yang dimiliki miliarder Amerika SerikatEnos Stanley Kroenke terkenal tidak suka menghambur-hamburkan uang.
Klub yangidentik dengan lambang meriam tersebut mendatangkan sejumlah pemain mahal sepertiBen White sebesar 58,5 juta euro dari Brighton, Martin Odegaard sebesar 35 juta euro dari Real Madrid, serta Aaron Ramsdale dari Sheffield United sebesar 28 juta euro.

2. Manchester United
Klub yang bermarkas di Old Trafford ini menghabiskan dana 140 juta euro atau Rp 2,4 triliun rupiah. Secara mengejutkan, The Red Devils mendatangkan mantan pemaiin terbaiknya Cristiano Ronaldo pada musim ini. Namun, Ronaldo hanya dibeli 15 juta euro. Pemain termahal yang dibeli MU adalah jadon Sancho dariBorussia Dortmund sebesar 85 juta euro danRaphal Varane dari Real Madrid sebesar 40 juta euro.

3. Manchester City
Klub yang dilatih Pep Guardiola tersebut menghabiskan anggaran 127,5 juta euro atau Rp 2,2 triliun. Sebanyak 93% dana City dihabiskan untuk mendatangkan pemain sayap Jack Grealish dari Aston Villa sebesar 117,5 juta euro. Juara bertahan Liga Inggris ini jugamembeli Kayky dari Fluminense sebesar 10 juta euro.

4. Chelsea
Juara Liga Champions musim lalu ini menghabiskan anggaran 120 juta euro atau Rp 2 triliun. Uniknya, Chelsea menghabiskan dana sebesar itu hanya untuk mendatangkan satu pemain yakniRomelu Lukaku sebesar 115 juta euro dari Inter Milan.
Pada hari penutupan bursa, klub yang kini dilatih Thomas Tuchel itumendatangkan Saul Niguez dari Atletico Mandrid dengan fee 5 juta euro .

5.Aston Villa
The Villa menghabiskan dana 105,6 juta euro atau Rp 1,8 triliun untuk membeli sejumlah pemainseperti Emiliano Buenda dari Norwich City (38,4 juta euro),Danny Ings dari Southampton (35,2 juta euro), serta Leon Bailey dariBayer Leverkusen (32 juta euro).

Jack Grealish dan Romelu Lukaku ( mancity.com/chelsea.com)



Lima Pemain Termahal
Bursa musim panas 2021/2022 semula sepi karena banyak klub yang memilih irit setelah pandemi Covid-19. Namun, di pertengahan hingga menjelang akhir bursa sejumlah peristiwa mengejutkan menggoyang bursa transfer. Puncaknya adalah kepindahan dua ikon sepakbola dunia Lionel Messi dan Ronaldo.
Messi meninggalkan klub yang membesarkannya, Barcelona, menuju PSG dengan status bebas transfer. Sementara itu, Ronaldo kembali ke klub yang membesarkannya yakni Manchester United.
Melansir Transfermarkt.com , berikut sepuluh pemain dengan harga transfer termahal di musim panas 2021:

1. Jack Grealish
Jack Grealish menjadi pemain dengan harga tertinggi di bursa transfer musim panas 2021. Ia dibeli dengan harga 117,5 juta euro atau seharga 2 miliar. Pindah dari Aston Villa ke Manchester City, Grealish dipercaya Pep Guardiola menjadi daya gedor tim untuk menghancurkan pertahanan lawan.
Sebagian orang meragukan angka fantastis untuk seorang Grealish, karena ia belum pernah membawa klub sebelumnya juara. Meski begitu, Pep menganggap hal itu tidak berlebihan, karena Grealish merupakan pemain top yang dibutuhkan tim, 2.

2. Romelu Lukaku
Pemain berkewarganegaraan Belgia ini pindah dari Inter Milan ke Chelsea dengan harga transfer 115 juta euro. Sebelumnya, ia pernah bermain di Chelsea pada musim 2011/2012, namun tidak terlalu bersinar sampai akhirnya dipinjamkan ke West Bromwich Albion.
Lukaku pun sempat bermain di Everton dan Manchester United, sebelum terakhir berlabuh di Inter Milan. Oleh karena itu, Liga Inggris bukan hal pertama bagi Lukaku.

3. Jadon Sancho
Jadon Sancho yang berasal dari Inggris harus melancong ke Liga Jerman dan membela Borussia Dortmund untuk membuktikan kemampuannya. Kepindahannya ke Manchester United dibanderol seharga 85 juta euro.
Sebelum bermain untuk Dortmund, Sancho sempat membela Manchester City, tetapi ia tidak terlalu sukses di sana. Saat Bersama Dortmund, Sancho banyak mendapatkan waktu bermain, sampai ia dipanggil oleh timnas Inggris.

4. Achraf Hakimi
Achraf Hakimi adalah salah satu pemain sentral yang membawa Inter Milan menjuarai liga pada musim 2021/2021. Peran penting Hakimi nyatanya harus dilepas ke Paris Saint-Germain dengan harga 60 juta euro, karena Inter Milan dikabarkan mengalami krisis finansial. Hakimi telah meneken kontrak panjang untuk bermain di PSG sampai 30 Juni 2026.

5. Ben White
Posisi kelima, ada Ben White yang merapat ke Arsenal dengan harga 58,8 juta euro. Ia merupakan jebolan asli dari akademi sepak bola Brighton. Kepindahannya ke Arsenal, salah satu klub besar di Liga Inggris, membuat bek muda berusia 23 tahun itu senang. Kariernya yang dibangun dari akademi dan membela Brighton berujung manis.

(AkbarMalik Adi Nugraha)

Artikel Asli