Demokrat atau Republik, Hubungan AS dan Singapura Selalu Sangat Baik

rmol.id | Global | Published at Minggu, 22 Agustus 2021 - 08:41
Demokrat atau Republik, Hubungan AS dan Singapura Selalu Sangat Baik

RMOL.Menjelang kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris, Singapura memuji hubungan dengan Washington yang digambarkan selalu "on track"atau dijalurnya.

Berbicara dalam sebuah wawancara dengan Channel News Asiapada Minggu (22/8), Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan mengatakan hubungan kedua negara selalu sangat baik, meski itu dalam pemerintahan Demokrat maupun Republik.

"Baik Demokrat maupun Republik, kami sebenarnya memiliki hubungan yang sangat baik dengan mereka (AS), kata Balakrishnan.

Selama pemerintahan Presiden Barack Obama dari Demokrat, ia mengatakan, terjadi pertemuan dan interaksi yang stabil antara kedua negara.

Situasi itu juga tidak berubah selama pemerintahan Donald Trump dari Republik. Bahkan Singapura menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) antara Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada 2018.

Sementara itu, menurut Balakrishnan, diplomasi yang dilakukan oleh pemerintahan Joe Biden dari Demokrat lebih konvensional. Biden lebih mengedepankan pendekatan multilateral.

Meski begitu, Balakrishnan mengakui pandemi Covid-19 telah menangganggu interaksi Singapura dan AS saat ini. Untuk itu, ia sangat menyambut tur Harris ke Asia Tenggara pada pekan ini.

Sejujurnya, diplomasi memang membutuhkan interaksi tatap muka. Anda perlu melihat ke dalam mata orang. Anda perlu punya waktu, terkadang hanya untuk bersantai dan mengobrol satu lawan satu, jelasnya.

Harris yang merupakan wakil presiden wanita pertama AS dijadwalkan tiba di Singapura pada Minggu. Ia akan berada di Singapura hingga Selasa (24/8), sebelum berangkat ke Vietnam. []

Artikel Asli