Dituduh Lakukan Kudeta, Mantan Presiden Bolivia Jeanine Anez Mencoba Bunuh Diri di Penjara

rmol.id | Global | Published at Minggu, 22 Agustus 2021 - 08:07
Dituduh Lakukan Kudeta, Mantan Presiden Bolivia Jeanine Anez Mencoba Bunuh Diri di Penjara

RMOL.Mantan Presiden Bolivia Jeanine Anez dilaporkan telah melakukan percobaan bunuh diri dengan melukai pergelangan tangan kirinya. Tindakan itu ia lakukan ketika berada di penjara.

Media lokal Bolivia pada Sabtu (21/8) melaporkan peristiwa tersebut dengan keterangan kepolisian bahwa Anez berusaha mengakhiri hidupnya.

"Apa yang terjadi adalah dalam definisi percobaan bunuh diri," ujar kepala unit anti-kejahatan khusus (FELCC) di kepolisian nasional, Douglas Uzquiano.

Menteri Dalam Negeri Eduardo del Castillo juga mengonfirmasi laporan tersebut, dengan menyebut Anez tampaknya mencoba melukai diri, namun saat ini ia dalam kondisi stabil.

"Ini adalah teriakan minta tolong dari mantan presiden. Dia merasa sangat dilecehkan. Dokter datang dan menemukannya dengan luka. Di pergelangan tangan kirinya ada tiga luka, mereka telah menjahitnya," ujar pengacara Anez, Norka Cuellar, seperti dikutip Reuters.

Anez sempat dibawa ke rumah sakit dari penjara pada Rabu (18/8). Itu merupakan perjalanan rumah sakitnya yang ketiga dalam dua minggu. Dokter mengatakan Anez menjalani pemeriksaan thorax dan menderita hipertensi. Dia kemudian dikembalikan ke penjara.

Anez ditahan pada awal tahun ini atas tuduhan telah berpartisipasi dalam kudeta untuk menggulingkan mantan Presiden Evo Morales pada 2019.

Anez telah membantah tuduhan itu dan mengatakan dia adalah korban penganiayaan politik. Dia berada di penjara sambil menunggu persidangan. []

Artikel Asli