Biden Pulang ke Rumah untuk Akhir Pekan Saat Evakuasi Afghanistan Masih Kacau

sindonews | Global | Published at Minggu, 22 Agustus 2021 - 07:01
Biden Pulang ke Rumah untuk Akhir Pekan Saat Evakuasi Afghanistan Masih Kacau

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dikabarkan pulang ke rumahnya di Wilmington, Delaware, saat kekacauan evakuasi di Afghanistan masih berlanjut.

Dia memilih meninggalkan Gedung Putih untuk menghabiskan akhir pekan di rumahnya di Wilmington.

Biden sebelumnya menghadapi kritik karena menghabiskan akhir pekan di tempat peristirahatan kepresidenan Camp David saat Taliban sedang merebut Kabul.

"Ketika penarikan pasukan Amerika Serikat dari Afghanistan berlanjut, dengan kemenangan Taliban, Presiden AS Joe Biden akan kembali ke rumah pada Sabtu (21/8)," ungkap laporan New York Post .

"Gedung Putih mengumumkan Biden akan berangkat ke Wilmington, Delaware, setelah pertemuan dengan tim keamanan nasionalnya," papar surat kabar itu, menambahkan, "Hingga Jumat malam, POTUS tidak memiliki acara publik yang dijadwalkan untuk Sabtu atau Minggu."

Sementara Biden awalnya diharapkan berangkat dari Gedung Putih pada Jumat, dia dilaporkan berubah pikiran, memilih memberikan pidato pada hari itu tentang status evakuasi yang sedang berlangsung dari Bandara Kabul.

Kemudian pada hari yang sama, Biden juga berbicara dengan perdana menteri Italia dan dengan emir Qatar melalui telepon dari Executive Mansion.

Sebelumnya, presiden AS mendapat kritik karena memilih berada di tempat peristirahatan presiden di Camp David akhir pekan lalu, ketika pasukan Taliban merebut Kabul.

Kekacauan masih terjadi di bandara Kabul dengan puluhan ribu orang masih menunggu tanpa kepastian untuk dikeluarkan dari Afghanistan.

Meski pasukan AS mengontrol bandara Kabul, namun Taliban mengepung kawasan bandara dengan mendirikan pos-pos pemeriksaan untuk semua orang yang hendak masuk ke kompleks bandara.

Artikel Asli