PM Malaysia Mengundurkan Diri, Ini Daftar Kandidat Penggantinya

okezone | Global | Published at 16/08/2021 16:30
PM Malaysia Mengundurkan Diri, Ini Daftar Kandidat Penggantinya

KUALA LUMPUR - Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin mengajukan pengunduran diri kepada Raja, Sultan Abdullah Ahmad Shah, pada Senin (16/8).

Tetapi sementara dia tetap sebagai perdana menteri untuk saat ini, tampaknya tidak ada kandidat yang jelas untuk penggantinya.

Penggulingan Muhyiddin - Konstitusi mewajibkan dia untuk mengundurkan diri karena tidak ada ketentuan untuk pemerintahan minoritas - tampaknya akan membuat negara itu masuk ke dalam ketidakpastian yang lebih dalam.

Berikut adalah kandidat teratas untuk jabatan perdana menteri atau sebagai perdana menteri sementara:

Salah satu menteri utama yang menangani krisis Covid-19, Ismail Sabri diangkat sebagai wakil perdana menteri bulan lalu dalam upaya Muhyiddin untuk meredakan ketegangan dengan partai sekutu utama Umno.

Dia bisa mendapatkan dukungan dari mayoritas koalisi Muhyiddin, yang mendapat dukungan dari sekitar 100 anggota parlemen. Tapi tidak jelas apakah dia mendapat dukungan penuh dari UMNO. Dia menentang seruan Umno untuk menarik dukungan untuk Muhyiddin.

Harian Malaysia The Star melaporkan bahwa ada upaya berkelanjutan untuk mengumpulkan pernyataan resmi yang ditandatangani dari berbagai anggota parlemen untuk mendukung Ismail Sabri sebagai perdana menteri.

Artikel Asli