Ratusan Orang Terlihat Putus Asa Berdesakan Naik Pesawat di Bandara Kabul

okezone | Global | Published at 16/08/2021 16:49
Ratusan Orang Terlihat Putus Asa Berdesakan Naik Pesawat di Bandara Kabul

KABUL - Sebuah video ratusan warga Afghanistan berdesak-desakan untuk naik ke pesawat terbang untuk keluar dari negara itu di tengah kembalinya Taliban mungkin menjadi gambaran terakhir dari keputusasaan di negara yang dilanda perang itu. Wilayah udara Afghanistan telah ditutup sekarang.

Sebuah pesawat yang diparkir di bandara Kabul dikelilingi oleh lautan orang yang mendorong dan berjuang untuk masuk ke dalam kabin dari satu-satunya tangga yang terhubung ke pintu depan. Banyak juga yang terlihat berjalan di sekitar landasan dan tidak berusaha menemukan pesawat untuk naik, sebuah tanda bahwa mereka mungkin sudah putus asa untuk pergi.

Visual dari bandara Kabul lebih mirip halte bus yang kacau daripada bandara. Kawat berduri mengelilingi landasan di beberapa daerah, di belakangnya barisan warga Afghanistan menatap beberapa pasukan AS yang tersisa yang menjaga bandara.

Pasukan AS di bandara melepaskan tembakan ke udara untuk membubarkan massa pagi ini.

"Saya merasa sangat takut di sini. Mereka melepaskan banyak tembakan ke udara," kata seorang saksi mata kepada kantor berita AFP.

Kantor berita Reuters melaporkan otoritas Penerbangan Sipil Afghanistan meminta semua pesawat transit untuk mengubah rute, menambahkan setiap transit melalui wilayah udara Kabul tidak akan terkendali. Wilayah informasi penerbangan Kabul mencakup seluruh Afghanistan.

Artikel Asli