Pantau Perkembangan Politik Afghanistan, Kemenlu Berencana Evakuasi WNI

rm.id | Global | Published at 16/08/2021 23:36
Pantau Perkembangan Politik Afghanistan, Kemenlu Berencana Evakuasi WNI

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) memastikan memantau secara dekat perkembangan politik yang terjadi di Afghanistan. "Indonesia berharap penyelesaian politik tetap dapat dilakukan, melalui Afghan-owned, Afghan-led," ujar Juru Bicara Kemenlu Teuku Faizasyah, Senin (16/8).

Dia mengingatkan, perdamaian dan stabilitas sangat diharapkan oleh masyarakat Afghanistan dan dunia internasional. "Indonesia terus melakukan komunikasi dengan semua pihak di Afghanistan dan juga dengan Perwakilan PBB dan Perwakilan Asing di Afghanistan," imbuhnya.

Pemerintah RI, memprioritaskan keselamatan WNI, termasuk staf KBRI Kabul. Persiapan evakuasi terus dimatangkan, antara lain melalui komunikasi dengan berbagai pihak terkait di lapangan.

"Masih dimatangkan (rencana evakuasi). KBRI akan tetap beroperasi dengan jumlah staf yang terbatas, essential staff, sambil terus dilakukan pemantauan situasi keamanan di Afghanistan," beber Faizasyah.

Dia memastikan KBRI di Kabul dan WNI di negeri opium itu saat ini dalam keadaan baik. "KBRI dalam kondisi baik, demikian juga WNI kita," bebernya.

Namun demikian, Faizasyah mengatakan KBRI tetap menyiapkan rencana untuk mengantisipasi perkembangan politik. Saat ini berbagai perencanaan terus dilakukan.

"Kontijensi plan disiapkan semua perwakilan RI di luar negeri berdasarkan peraturan untuk mengantisipasi perkembangan politik yang dramatis atau suatu bencana. Jadi perencanaan ada dilakukan," tandasnya.

Situasi politik dk Afghanistan memanas setelah Taliban mengambil alih Ibu Kota Kabul. Taliban telah menguasai Istana Kepresidenan setelah Presiden Ashraf Ghani melarikan diri ke Tajikistan. [OKT]

Artikel Asli