Mengenal Kekuatan Taliban dan Para Pemimpin Kuncinya di Afghanistan

wartaekonomi | Global | Published at 16/08/2021 14:14
Mengenal Kekuatan Taliban dan Para Pemimpin Kuncinya di Afghanistan

Taliban telah memerangi pemerintah Afghanistan yang didukung Barat di Kabul sejak digulingkan dari kekuasaan pada 2001. Mereka awalnya menarik anggota dari apa yang disebut pejuang mujahidin yang, dengan dukungan dari Amerika Serikat, memukul mundur pasukan Uni Soviet pada 1980-an.

Kelompok tersebut muncul pada tahun 1994 sebagai salah satu faksi yang berperang dalam perang saudara. Mereka kemudian menguasai sebagian besar negara pada tahun 1996, ketika mereka memberlakukan interpretasi hukum Islam. Musuh dan negara-negara Barat menuduhnya secara brutal menegakkan hukum Islam versinya dan menindas minoritas agama.

Taliban sekali lagi naik militer di Afghanistan sejak pasukan asing mulai mundur, merebut sebagian besar wilayah negara itu untuk menguasai ibu kota 10 dari 34 provinsi.

Pendiri dan pemimpin aslinya adalah Mullah Mohammad Omar, yang bersembunyi setelah Taliban digulingkan oleh pasukan lokal yang didukung AS setelah serangan 11 September 2001 di AS.

Begitu rahasianya keberadaan Omar sehingga kematiannya, pada 2013, baru dikonfirmasi dua tahun kemudian oleh putranya. Terkait bagaimana Taliban tumbuh, berikut adalah beberapa tokoh kunci dalam gerakan tersebut, seperti dikutip laman Al Jazeera, Senin (16/8/2021).

Haibatullah Akhunzada

f2703d8eb4014bdeb4b7764ee9f1cd2b_18.jpeg?w=770&resize=770%2C433

Dikenal sebagai "Pemimpin Orang Beriman", sarjana hukum Islam adalah pemimpin tertinggi Taliban yang memegang otoritas terakhir atas urusan politik, agama, dan militer kelompok itu.

Akhunzada mengambil alih ketika pendahulunya, Akhtar Mansour, tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS di dekat perbatasan Afghanistan-Pakistan pada 2016.

Selama 15 tahun, hingga dia menghilang secara tiba-tiba pada Mei 2016, Akhunzada mengajar dan berkhotbah di sebuah masjid di Kuchlak, sebuah kota di Pakistan barat daya, kata rekan dan mahasiswa kepada kantor berita Reuters .

Dia diyakini berusia sekitar 60 tahun dan keberadaannya tidak diketahui.

Mullah Mohammad Yakub

Putra pendiri Taliban Mullah Omar, Yaqoob mengawasi operasi militer kelompok itu dan laporan media lokal mengatakan dia berada di dalam Afghanistan. Dia diusulkan sebagai pemimpin gerakan secara keseluruhan selama berbagai pergumulan suksesi.

Tetapi dia mengajukan Akhunzada pada tahun 2016 karena dia merasa dia tidak memiliki pengalaman medan perang dan terlalu muda, menurut seorang komandan Taliban pada pertemuan di mana pengganti Mansour dipilih.

Yaqoob diyakini berusia awal 30-an.

Sirajuddin Haqqani

2021-08-11T163801Z_13829580_RC243P92H34M_RTRMADP_3_AFGHANISTAN-CONFLICT-TALIBAN.jpg?w=770&resize=770%2C892

Putra komandan mujahidin terkemuka Jalaluddin Haqqani, Sirajuddin memimpin Jaringan Haqqani, sebuah kelompok yang terorganisir secara longgar yang mengawasi aset keuangan dan militer Taliban di perbatasan Pakistan-Afghanistan.

Haqqani diyakini oleh beberapa ahli telah memperkenalkan bom bunuh diri ke Afghanistan dan telah disalahkan atas beberapa serangan tingkat tinggi di Afghanistan, termasuk serangan di hotel top Kabul, upaya pembunuhan terhadap Presiden Hamid Karzai saat itu dan serangan bunuh diri di kedutaan India.

Haqqani diyakini berusia akhir 40-an atau awal 50-an. Keberadaannya tidak diketahui.

Mullah Abdul Ghani Baradar

Salah satu pendiri Taliban, Baradar sekarang mengepalai kantor politik Taliban dan merupakan bagian dari tim perunding kelompok itu di Doha untuk mencoba dan merundingkan kesepakatan politik yang dapat membuka jalan bagi gencatan senjata dan perdamaian yang lebih langgeng di Afganistan.

57c199efd8b647d8b000ba85d5bf5ce0_18.jpeg?w=770&resize=770%2C433

Proses tersebut telah gagal membuat kemajuan yang signifikan dalam beberapa bulan terakhir.

Baradar, yang dilaporkan sebagai salah satu komandan paling terpercaya Mullah Omar, ditangkap pada 2010 oleh pasukan keamanan di kota Karachi, Pakistan selatan dan dibebaskan pada 2018.

Sher Mohammad Abbas Stanikzai

Seorang mantan wakil menteri di pemerintahan Taliban sebelum pemecatannya, Stanikzai telah tinggal di Doha selama hampir satu dekade dan menjadi kepala kantor politik kelompok itu di sana pada tahun 2015.

Dia telah mengambil bagian dalam negosiasi dengan pemerintah Afghanistan dan telah mewakili Taliban dalam perjalanan diplomatik ke beberapa negara.

Abdul Hakim Haqqani

Dia adalah kepala tim perunding Taliban. Mantan kepala pengadilan bayangan Taliban mengepalai dewan ulama yang kuat dan secara luas diyakini sebagai orang yang paling dipercayai Akhunzada.

Artikel Asli