PM Malaysia Akan Ajukan Pengunduran Diri ke Raja

koran-jakarta.com | Global | Published at 16/08/2021 00:00
PM Malaysia Akan Ajukan Pengunduran Diri ke Raja

KUALA LUMPUR - Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin, akan menghadap Raja Malaysia di Istana Negara, Senin (15/8), untuk mengajukan surat pengunduran diri sebagai Perdana Menteri.

"Ya dapat dikonfirmasi. Besok setelah rapat kabinet di pagi hari, Perdana Menteri akan menghadap Raja Malaysia untuk mengundurkan diri dari posisinya," ujar Staf Ahli Bidang Media Menteri Tugas- Tugas Khusus Malaysia, Aneita Abdullah, Minggu (15/8).

Dia mengatakan pengunduran diri tersebut sesuai aturan undang-undang ketika Perdana Menteri tidak mempunyai dukungan mayoritas di parlemen.

"Setelah itu, menunggu Raja Malaysia atau Yang di- Pertuan Agong untuk membuat keputusan," ujar Aneita saat dikonfirmasi sejumlah media terkait pernyataan Menteri Tugas-Tugas Khusus, Moh Redzuan, pada sebuah media daring.

Media tersebut memberitakan seorang pemimpin Partai Pribumi Bersatu membenarkan Muhyiddin Yassin akan menyerahkan surat peletakan jabatannya kepada Yang di-Pertuan Agong di Istana Negara, besok.

Anggota Majelis Pimpinan Tertinggi Bersatu, Mohd Redzuan Md Yusof, mengatakan persoalan tersebut disampaikan Muhyiddin Yassin dalam pertemuan dengan anggota Parlemen Bersatu selama kira-kira dua jam, Minggu.

Tak Buahkan Hasil

Mohd Redzuan mengatakan Muhyiddin sudah mencoba sebaik mungkin untuk mempertahankan keadaan dan kedudukan pemerintahan, namun ikhtiarnya tersebut tidak membuahkan hasil.

Menurutnya, Muhyiddin sudah memberikan opsi terakhir dalam pesan Jumat lalu semata-mata untuk kepentingan rakyat dalam krisis saat ini.

"Kami melihat ada kelompok yang tidak bertanggung jawab untuk menjamin rakyat digadaikan," katanya.

Dia mengatakan Perdana Menteri telah mengkaji setiap pilihan terakhir semata-mata untuk kepentingan rakyat dalam keadaan krisis sekarang ini.

Artikel Asli