Taliban Kuasai Kabul, Warga Asing Berebut Keluar Afghanistan

rm.id | Global | Published at 16/08/2021 00:50
Taliban Kuasai Kabul, Warga Asing Berebut Keluar Afghanistan

Mayoritas warga asing yang menetap di Kabul dan sekitarnya mulai mendatangi bandara untuk mencari penerbangan keluar Afghanistan. Para warga negara asing ini ingin segera kabur dan menghindari dari kemungkinan buruk pasca direbutnya Ibu Kota Afghanistan oleh pasukan Taliban.

Seperti diberitakan Interfax , Minggu (15/8), suasana di Bandara Kabul nampak ramai dan kacau balau dengan banyaknya WNA yang mendesak segera diberikan tiket keluar dari negara tersebut. "Ada kerumunan besar yang mencoba masuk dan setelah terjadi penembakan," terang seorang saksi di bandara.

Dia menambahkan, ada peringatan akan terjadi serangan darat. Kondisi ini membuat warga ketakutan."Ada juga peringatan serangan darat dan kami berada di bunker selama 1 jam terakhir, tetapi sekarang semuanya aman," lanjut saksi yang ogah namanya disebut, kepada CNN .

"Semua warga asing di sini. Seorang wanita muda Eropa ketakutan," katanya. CNN juga melihat foto-foto banyak tentara dan warga sipil duduk menunggu di lantai.

Taliban diketahui telah memasuki Ibu Kota Kabul. Sementara itu, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani telah meninggalkan Ibu Kota Kabul. Ghani diketahui menuju Tajikistan.

Seperti dilansir Reuters , Minggu (15/8) kepergian Ghani itu diinformasikan pejabat senior Kementerian Dalam Negeri Afghanistan. Akan tetapi dia tidak memberikan keterangan lebih lanjut.

Kantor Kepresidenan saat dimintai keterangan mengatakan bahwa mereka tidak bisa mengatakan apapun karena alasan keamanan. "Tidak bisa mengatakan apa-apa tentang gerakan Ashraf Ghani karena alasan keamanan," jelasnya. [ DAY ]

Artikel Asli