Gubernur New York Mundur Setelah Terjerat Kasus Pelecehan Seksual

Global | okezone | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 18:07
Gubernur New York Mundur Setelah Terjerat Kasus Pelecehan Seksual

GUBERNUR New York, Amerika Serikat , Andrew Cuomo mengundurkan diri setelah penyelidikan menemukan dia pernah melakukan pelecehan seksual terhadap banyak perempuan.

"Cara terbaik bagi saya saat ini untuk membantu adalah mundur," ujarnya, sambil terus menyangkal klaim tersebut.

Pengunduran dirinya akan berlaku dalam 14 hari ke depan.

Melansir BBC Indonesia, Menggantikan Cuomo, Wakil Gubernur Kathy Hochul akan menjadi perempuan pertama yang memimpin negara bagian New York.

Cuomo telah menghadapi tekanan untuk mengundurkan diri dari sesama politikus partai Demokrat, termasuk Presiden Joe Biden.

Padahal baru setahun yang lalu ia dipuji-puji ketika jutaan orang Amerika setiap hari mendengarkan pengarahannya tentang pandemi virus corona di televisi, yang ia sampaikan dengan gaya blak-blakan.

Cuomo adalah gubernur negara bagian New York ketiga berturut-turut yang mengundurkan diri karena skandal.

Pelecehan seksual

Investigasi independen oleh kantor Kejaksaan Agung New York menemukan, Cuomo (63) pernah melakukan pelecehan seksual terhadap 11 perempuan, termasuk pegawai negara bagian.

Para perempuan menuduh Cuomo membuat komentar seksual, menyentuh atau meraba-raba mereka secara tidak pantas, dan mencium mereka tanpa persetujuan.

Laporan tersebut membuat banyak politikus ternama Demokrat berbalik melawan Cuomo, termasuk Ketua DPR Nancy Pelosi, pemimpin Senat Chuck Schumer, dan dua senator AS di New York.

Rekan-rekannya dari Partai Demokrat di New York telah memulai rencana untuk memakzulkannya. Seandainya berhasil dimakzulkan, Cuomo akan tetap menghadapi penyelidikan kriminal terkait klaim pelecehan tersebut.

Artikel Asli