Diplomat Inggris Diduga Jadi Mata-Mata Rusia

Global | republika | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 16:45
Diplomat Inggris Diduga Jadi Mata-Mata Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Polisi Jerman menangkap seorang warga Inggris yang bekerja di kedutaan Inggris di Berlin pada Selasa (10/8). Menurut Jaksa, dia ditangkap karena dicurigai memberikan dokumen kepada dinas intelijen Rusia dengan imbalan uang tunai.

"Setidaknya pada satu kesempatan, dia menyerahkan dokumen yang dia peroleh selama aktivitas profesionalnya kepada perwakilan dinas intelijen Rusia," kata kepala kantor kejaksaan federal dalam sebuah pernyataan.

Jaksa Jerman mengatakan bahwa apartemen dan tempat kerja pria yang diidentifikasi hanya sebagai David S itu telah digeledah. Dia akan dibawa ke hadapan hakim investigasi pada Rabu (11/8) malam. "Terdakwa menerima uang tunai dalam jumlah yang belum diketahui sebagai imbalan atas transmisi informasinya," ujar kantor kejaksaan federal Jerman.

Pria itu ditangkap di Potsdam, tepat di luar Berlin. Dia dipekerjakan sebagai anggota staf lokal di kedutaan Inggris sampai penangkapannya, yang merupakan hasil penyelidikan bersama oleh otoritas Jerman dan Inggris.

Artikel Asli