Taliban Rebut Faizabad, Kuasai 65 Persen Wilayah Afghanistan

Global | inewsid | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 14:37
Taliban Rebut Faizabad, Kuasai 65 Persen Wilayah Afghanistan

KABUL, iNews.id Para milisi Taliban merebut ibu kota Provinsi Badakhshan, Faizabad, di wilayah timur laut Afghanistan, Rabu (11/8/2021). Itu adalah ibu kota provinsi kedelapan yang jatuh ke tangan kelompok pemberontak tersebut dalam enam hari terakhir.

Pendudukan Taliban di Faizabad terjadi ketika Presiden Ashraf Ghani mendarat di ibu kota Provinsi Balkh, Mazar-i-Sharif. Kedatangan Ghani ke Mazar untuk mengerahkan para tentara pembelanya di saat pasukan Taliban mulai mendekati kota dengan populasi keempat terbesar di Afghansitan itu.

Setelah pertempuran panjang di Faizabad, pasukan pemerintah mundur ke distrik tetangga, ungkap seorang anggota Dewan Provinsi Badakhshan, Jawad Mujadidi, kepada Reuters .

Dia mengatakan, para pejuang Taliban telah menguasai sebagian besar provinsi dan mengepung Faizabad sebelum melancarkan serangan pada Selasa (10/8/2021) kemarin. Provinsi Badakhshan berbatasan dengan Tajikistan, Pakistan, dan China.

Dengan jatuhnya Kota Faizabad, pasukan Taliban sekarang telah menguasai 65 persen Afghanistan. Kelompok pemberontak itu juga mulai merebut atau mengancam untuk merebut 11 ibu kota provinsi lainnya dari pemerintah, kata seorang pejabat senior Uni Eropa, Selasa.

Presiden AS Joe Biden mendesak para pemimpin Afghanistan untuk memperjuangkan Tanah Air mereka. Politikus Partai Demokrat itu pada Selasa kemarin mengatakan, dia tidak menyesali keputusannya untuk menarik mundur pasukan AS dari Afghanistan. Menurut dia, Amerika Serikat telah menghabiskan lebih dari 1 triliun dolar AS selama 20 tahun ini dan kehilangan ribuan tentara selama operasi militer di negara Asia itu.

Kendati demikian, Washington DC tetap memberikan dukungan lewat bantuan serangan udara, makanan, peralatan, dan gaji yang signifikan kepada pasukan Afghanistan, kata Biden.

Wilayah utara menjadi wilayah yang paling damai di Afghanistan selama bertahun-tahun. Pasalnya, sedikit sekali anggota Taliban yang hadir di daerah itu.

Selama menguasai pemerintahan antara 1996 hingga 2001, Taliban tidak pernah sepenuhnya mengendalikan wilayah utara. Akan tetapi, kali ini mereka tampaknya berniat mengamankan wilayah tersebut sebelum mendekati Ibu Kota Kabul.

Artikel Asli