Tak Menyesal Tarik Pasukan AS, Biden: Afghanistan Harus Bersatu dan Berjuang Sendiri

Global | rmol.id | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 13:09
Tak Menyesal Tarik Pasukan AS, Biden: Afghanistan Harus Bersatu dan Berjuang Sendiri

RMOL.Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tidak menyesali keputusan untuk menarik pasukannya dari Afghanistan. Sebaliknya, ia mendorong agar bangsa Afghanistan berjuang sendiri untuk mempertahankan negaranya.

Hal itu disampaikan Biden kepada wartawan di Gedung Putih pada Selasa (10/8), di tengah meningkatnya serangan Taliban di Afghanistan sejak penarikan pasukan AS dan sekutu.

"Para pemimpin Afghanistan harus bersatu. Mereka harus berjuang untuk diri mereka sendiri, berjuang untuk bangsa mereka," ujar Biden, seperti dikutip Reuters.

Biden mengatakan, ia tidak menyesali keputusannya untuk mundur lantaran AS telah banyak kehilangan ribuan tentara dan lebih dari 1 triliun dolar selama 20 tahun bertempur di Afghnanistan.

Menurut Biden, AS terus memberikan dukungan udara, makanan, peralatan, dan gaji kepada pasukan Afghanistan.

Sementara itu, saat ini Taliban tengah memperkuat cengkramannya di Afghanistan. Hingga Selasa, Taliban dilaporkan telah menguasai 65 persen dari wilayah Taliban.

Pada Selasa malam, Taliban merebut ibukota Provinsi Baghlan, Pul-e-Khumri. Dengan begitu, Taliban sudah mengambil alih tujuh ibukota provinsi di Afghanistan dalam kurun waktu sekitar satu pekan.

Intensitas serangan Taliban membuat pemerintah di Kabul cukup kewalahan. Presiden Ashraf Ghani juga mengatakan tengah mencari bantuan dari milisi kawasan untuk membantu melawan Taliban. []

Artikel Asli