Tantang Rusia, AS Diundang Tempatkan Sistem Rudal di Ukraina

Global | sindonews | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 12:40
Tantang Rusia, AS Diundang Tempatkan Sistem Rudal di Ukraina

WASHINGTON - Wakil Perdana Menteri (PM) Ukraina Alexey Reznikov meminta Amerika Serikat (AS) mengerahkan militernya, termasuk unit tentara dan sistem pertahanan udara, ke negara Eropa Timur itu.

Tindakan ini jelas akan dianggap Moskow sebagai provokasi serius jika benar-benar terwujud.

Wakil Perdana Menteri Ukraina Alexey Reznikov mengungkapkan dia telah membuat permintaan tersebut saat kunjungan ke Amerika Serikat, selama bertemu Jamestown Foundation, think-tank yang dituduh pemerintah Rusia menyebarkan propaganda melawan negara.

"Penting untuk memperluas paket keamanan untuk Ukraina," ujar Reznikov.

"Pertama-tama, dengan penempatan pasukan pertahanan udara, dan bahkan dengan mengerahkan unit-unit Amerika," ungkap dia.

Politisi itu menambahkan undang-undang Ukraina sudah memungkinkan pasukan asing ditempatkan di negara itu.

Rusia telah berulang kali mengatakan kehadiran personel militer AS di perbatasannya dengan Ukraina akan menjadi garis merah utama dalam konflik politik yang memanas antara kedua negara.

Pada Februari, Ukraina meminta NATO mulai menerbangkan pesawat tempur dan transportasi pasukan di dekat Semenanjung Krimea yang disengketakan dengan Rusia.

Moskow bersikeras langkah seperti itu "provokatif" dan meningkatkan kemungkinan insiden yang berpotensi bencana, merusak stabilitas regional.

Pada saat yang sama, Reznikov mengatakan peningkatan kehadiran pasukan Barat di negaranya diperlukan karena dominasi Rusia atas Laut Hitam, penyelesaian pipa gas Nord Stream 2, dan "pengaruh Moskow di Balkan."

Selain itu, wakil perdana menteri Ukraina mengulangi tuduhan bahwa Kremlin mungkin berencana menempatkan senjata nuklir di Krimea.

Pejabat Rusia, termasuk kepala komite diplomatik parlemen Krimea Yury Gempel telah mengecam klaim itu sebagai "tidak berdasar."

Anggota Duma Negara Andrey Kozenko melangkah lebih jauh, mengatakan mereka yang mendorong konspirasi yang diklaim tanpa bukti harus menemui "seorang psikoterapis" daripada mengajukan banding ke Barat.

Artikel Asli