Kathy Hochul Gantikan Cuomo, Segera Jadi Gubernur Wanita Pertama di New York

Global | sindonews | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 07:45
Kathy Hochul Gantikan Cuomo, Segera Jadi Gubernur Wanita Pertama di New York

NEW YORK - Empire State New York akan melihat gubernur wanita pertamanya setelah pengunduran diri Gubernur Andrew Cuomo.

Wakil Gubernur New York Kathy Hochul akan mengambil alih pemerintahan negara bagian New York dalam dua pekan dari Cuomo yang mengumumkan pengunduran dirinya karena skandal pelecehan seksual.

Laporan yang dirilis pekan lalu oleh kantor Kejaksaan Agung negara bagian New York menemukan gubernur tiga periode itu telah melecehkan secara seksual sebanyak 11 staf wanita saat ini dan mantan staf. Baik Cuomo maupun pengacaranya telah membantah keras tuduhan tersebut.

Cuomo memuji kemampuan penggantinya untuk memimpin selama siaran langsung pada Selasa (10/8).

"Kathy Hochul, wakil gubernur saya, cerdas dan kompeten," ujar dia.

Dia menambahkan, "Transisi ini harus mulus. Kita memiliki banyak hal yang terjadi. Saya sangat khawatir tentang varian delta, dan Anda juga seharusnya begitu, tetapi dia bisa mempercepat dengan cepat."

Hochul mengeluarkan pernyataan singkat di Twitter menyusul pernyataan Cuomo. "Ini adalah hal yang benar untuk dilakukan dan demi kepentingan terbaik warga New York," papar dia.

"Sebagai seseorang yang telah menjabat di semua tingkat pemerintahan dan berada di urutan berikutnya dalam garis suksesi, saya siap untuk memimpin sebagai gubernur ke-57 Negara Bagian New York," tutur dia.

Hochul, yang berusia 63 bulan ini, tumbuh dalam keluarga Katolik-Irlandia di Buffalo, New York, sebagai salah satu dari enam bersaudara, menurut biografinya di situs web Dewan Perwakilan Rakyat AS.

Dia lulus dari Syracuse University dan memperoleh gelar sarjana hukum dari Catholic University of America di Washington DC pada 1983.

Setahun kemudian, dia menikah dengan William Hochul, pengacara yang berpraktik.

Setelah karir singkat sebagai pengacara di Washington DC, Hochul memutuskan mencalonkan diri untuk kursi kosong di dewan kota Hamburg di barat New York, tempat dia bertugas selama 14 tahun, menurut laporan New York Times.

Pada 2007, Hochul menjadi pejabat wanita terpilih di Erie County ketika dia menjadi petugas county.

Pada 2011, Hochul menjadi anggota Kongres ketika dia menggantikan anggota DPR dari Partai Republik Christopher John Lee dalam pemilu khusus profil tinggi setelah pengunduran dirinya.

Selama kampanyenya, Hochul menyebut dirinya "Demokrat independen."

"Saya tidak takut memberi tahu partai saya sendiri ketika mereka salah, atau merangkul gagasan Republik ketika itu benar, saya bukan partisan," ujar Hochul kepada surat kabar Lockport Union-Sun & Journal pada 2011.

"Saya percaya itulah mengapa saya terpilih (panitera) dengan 80% suara November lalu dan itu menunjukkan orang-orang dari semua partai akan mendukung saya, karena mereka mempercayai penilaian saya dan mereka tahu saya seorang pejuang," papar dia.

Hochul menghabiskan sebagian besar masa jabatannya di Kongres untuk mengadvokasi kebijakan yang akan meningkatkan kehidupan pemilik usaha kecil, veteran, dan kelas menengah, menurut biografinya di situs web DPR.

Dia juga pendukung Medicare dan memperkenalkan Undang-Undang Sandang Pahlawan Seorang Tunawisma, yang memerintahkan bandara mengirimkan pakaian yang tidak diklaim pemiliknya kepada para veteran tunawisma.

Cuomo memilih Hochul sebagai pasangannya pada 2014. Dia menghabiskan sebagian besar masa jabatannya sebagai wakil gubernur mengunjungi 62 wilayah di New York untuk bertemu konstituen dan mempromosikan kebijakan pemerintah.

The New York Times melaporkan Hochul menjaga profil rendah setelah pengunduran diri Cuomo dan membatalkan penampilan publiknya pekan lalu.

"Itu tidak menghentikan Hochul untuk menjangkau komisaris badan negara dan memenuhi permintaan pertemuan dengan kelompok advokasi dan sesama politisi untuk mempersiapkan peran besar berikutnya sebagai gubernur," ungkap laporan Times.

Liz Krueger, senator negara bagian dari Manhattan, mengatakan kepada Times bahwa dia bertemu Hochul untuk makan siang beberapa pekan yang lalu dan membahas kemungkinan pengunduran diri Cuomo. "Dia meyakinkan saya bahwa dia siap untuk mengambil alih jika itu yang diminta darinya," tambah Krueger.

Artikel Asli