Dahsyatnya Kebakaran Hutan di Aljazair, 42 Orang Tewas termasuk 25 Tentara

Global | inewsid | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 07:06
Dahsyatnya Kebakaran Hutan di Aljazair, 42 Orang Tewas termasuk 25 Tentara

ALJIR, iNews.id - Kebakaran hutan di Aljazair semakin parah, sejauh ini menewaskan 42 orang, termasuk 25 tentara yang membantu pemadaman. Asap tebal menutup langit sebagian besar wilayah pegunungan Kabylie. Belasan kebakaran hutan juga terjadi di 16 provinsi lain sejak Senin malam dengan total sekitar 50 titik.

Perdana Menteri Aljazair Ayman Benabderrahmane dalam pidato di televisi mengatakan, jumlah korban tewas bertambah menjadi 42.

"(Pemerintah) Masih dalam pembicaraan dengan negara asing untuk menyewa pesawat serta membantu proses pemadaman kebakaran," katanya, dikutip dari Reuters, Rabu (11/8/2021).

Menteri Dalam Negeri Kamel Beldjoud menyebut kebakaran ini merupakan ulah orang tak bertanggung jawab. Namun dia tak menjelaskan lebih lanjut soal tuduhannya.

"Hanya tangan-tangan kriminal di balik kebakaran serentak, sekitar 50 kebakaran di beberapa tempat," katanya.

Dia juga menegaskan prioritas pemerintah saat ini adalah menghindari jatuhnya lebih banyak korban. Dia berjanji akan memberikan kompensasi kepada mereka yang terdampak kebakaran ini.

Para tentara tewas bertugas di berbagai daerah. Sebagian meninggal saat mencoba memadamkan api dan lainnya terjebak oleh api yang menyebar dengan cepat. Kementerian Pertahanan juga mengungkap, jumlah tentara yang mengalami luka, termasuk luka bakar, lebih banyak lagi.

Kebakaran hutan juga menjalar ke permukiman, melumat beberapa rumah. Warga terdampak terpaksa mengungsi ke hotel, hostel, dan asrama kampus.

"Kami mengalami malam yang mengerikan. Rumah saya benar-benar terbakar," kata Mohamed Kaci, warga Desa Azazga yang mengungsi bersama keluarganya.

Pemantau atmosfer Uni Eropa pekan lalu menyatakan kawasan Mediterania menjadi titik kebakaran hutan terbaru, diperparah dengan gelombang panas. Api juga melalap hutan di Turki dan Yunani.

Artikel Asli