Kasus Pelecehan Seksual, Gubernur New York Andrew Cuomo Mengundurkan Diri

Global | inewsid | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 06:11
Kasus Pelecehan Seksual, Gubernur New York Andrew Cuomo Mengundurkan Diri

NEW YORK, iNews.id - Gubernur New York Andrew Cuomo mengundurkan diri, Selasa (10/8/2021), setelah menguatnya desakan dari banyak pihak terkait kasus pelecehan seksual yang menjeratnya. Salah satu desakan datang dari Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Hasil penyelidikan mengungkap Cuomo terlibat dalam pelecehan seksual terhadap 11 perempuan.

Pria yang menjabat sebagai gubernur New York sejak 2011 itu menyampaikan pengumuman ini sepekan setelah Jaksa Agung New York Letitia James merilis hasil penyelidikan independen yang berlangsung 5 bulan. Dia dituduh melanggar undang-undang federal AS maupun negara bagian.

Dalam pidato selama 20 menit yang disiarkan televisi, pria 63 tahun itu mengatakan pengunduran dirinya berlaku dalam 14 hari. Pengumuman ini sekaligus memupuskan rencananya untuk maju dalam pemilihan presiden AS berikutnya.

Pada kesempatan itu dia menegaskan kembali tidak terlibat dalam pelecehan meski siap bertanggung jawab penuh.

Cuomo menilai jika dia tetap menjabat selama kasus ini berjalan pemerintahan negara bagian bisa terdampak, apalagi di saat wilayah sedang berjuang melawan gelombang terbaru wabah Covid-19.

"Saya kira, mengingat situasi ini, cara terbaik yang dapat saya bantu sekarang adalah mundur dan membiarkan pemerintah kembali ke pemerintah, itulah yang akan saya lakukan," katanya, dikutip dari Reuters, Rabu (11/8/2021).

Pengunduran diri Cuomo juga menghindarkan darinya dari kemungkinan pemecatan melalui pemakzulan di DPR wilayah yang dikendalikan Demokrat.

Sementara itu dokumen penyelidikan setebal 168 halaman mengungkap, Cuomo meraba-raba, mencium, atau menyampaikan komentar sugestif kepada perempuan pegawai pemerintah yang masih bekerja maupun tidak.

Artikel Asli