Rusia Pamer Senjata Baru Saat Latihan Dekat Perbatasan Tajikistan-Afghanistan

Global | sindonews | Published at Rabu, 11 Agustus 2021 - 00:00
Rusia Pamer Senjata Baru Saat Latihan Dekat Perbatasan Tajikistan-Afghanistan

HARB MAIDON - Tentara dari Rusia , Tajikistan , dan Uzbekistan menggunakan senjata api baru, penyembur api, dan peluncur rudal darat-ke-udara terbaru buatan Rusia dalam latihan militer yang berakhir pada Selasa (10/8).

Latihan militer itu digelar hanya 20 km dari perbatasan Tajikistan dan Afghanistan.

Moskow dan mantan sekutunya di Asia Tengah itu telah mengadakan dua unit latihan militer terpisah di dekat Afghanistan bulan ini ketika gerilyawan Taliban menyerbu banyak provinsi utara Afghanistan yang berbatasan langsung dengan negara-negara Asia Tengah.

Menteri Pertahanan Tajikistan Sherali Mirzo memberi tahu wartawan di tempat pelatihan bahwa latihan telah diadakan dengan Afghanistan dalam pemikiran.

"Skenario di Afghanistan tidak dapat diprediksi," ujar dia.

Kepala staf umum angkatan bersenjata Uzbekistan Shukhrat Khalmukhamedov mengatakan, "Situasi ini mengharuskan kita untuk tetap waspada dan menjaga kesiapan tempur kita."

Latihan tersebut melibatkan 2.500 prajurit, banyak kendaraan lapis baja dan 25 pesawat.

Pasukan Rusia tiba di lokasi latihan dari pangkalan militer yang terletak di Tajikistan, fasilitas militer terbesar Moskow di luar negeri.

Komandan distrik Angkatan Darat Pusat Rusia Alexander Lapin menyatakan persenjataan yang dipamerkan akan tetap berada di pangkalan Tajikistan.

Pejuang Taliban memperketat manajemen mereka atas wilayah yang direbut di Afghanistan utara pada Selasa ketika warga menyembunyikan properti mereka dan seorang komandan pro-pemerintah bersumpah untuk bertempur sampai mati untuk mempertahankan Mazar-i-Sharif, kota metropolis paling penting di utara.

Artikel Asli