Kebakaran Hutan Eropa Meluas, Turki yang Terburuk

rmol.id | Global | Published at 02/08/2021 11:57
Kebakaran Hutan Eropa Meluas, Turki yang Terburuk

RMOL. Kebakaran hutan yang melanda sejumlah negara di Eropa kian meluas. Sejauh ini, Turki, Yunani, Italia, dan Spanyol sudah disibukkan dengan upaya mengendalikan api.

Perubahan iklim yang membuat suhu lebih panas, disertai angin kencang, telah menciptakan kebakaran yang lebih merusak daripada rata-rata sebelumnya di Eropa.

Di Turki, kebakaran terburuk selama satu dekade terakhir terjadi. Hampir 95 ribu hektar sudah hangus terbakar sepanjang tahun ini, di bandingkan rata-rata 13.516 hektar yang tercatat dari 2008 hingga 2020.

Kebakaran hutan di Turki sudah memasuki hari kelima, dan merenggut delapan korban jiwa.

Api sudah menjalar ke sebuah lingkungan di kota wisata Bodrum. Akibatnya pemerintah mengevakuasi puluhan desa. Lantaran jalur darat yang terhalangi api, 540 penduduk dievakuasi menggunakan perau, lalu dipindahkan ke hotel.

Evakuasi juga dilakukan di kota resor Antalya, dengan dua mayat ditemukan di sana.

Di Cizre, suhu tertinggi mencapai rekor pada 20 Juli, dengan catatan 49,1 derajat Celcius. Sementara di Antalya, suhu mencapai 40 derajat Celcius pada Senin (2/8).

Dari gambar satelit yang ditunjukkan Kementerian Pertahanan, tampak kerusakan terjadi meluas, dengan asap masih terlihat.

Kebakaran juga terjadi di Yunani barat. Lima desa telah dievakuasi dan delapan orang dirawat di rumah sakit karena luka bakar dan masalah pernapasan di wilayah tersebut.

Api menghanguskan sekitar 30 rumah, lumbung dan kandang di desa Ziria, Kamares, Achaias dan Labiri. Walikota Aigialeias, Dimitris Kalogeropoulos, menyebut peristiwa ini sebagai bencana besar.

Menurut data Uni Eropa, 13.500 hektar telah terbakar di Yunani, dibandingkan dengan rata-rata 7.500 hektar pada 2008 hingga 2020.

Lebih dari 20 ribu hektar juga telah hangus terbakar di Sardinia, Italia pada akhir pekan lalu.

"Dalam 24 jam terakhir, petugas pemadam kebakaran telah melakukan lebih dari 800 intervensi: 250 di Sisilia, 130 di Puglia dan Calabria, 90 di Lazio dan 70 di Campania," ujar pemadam kebakaran Italia.

Di Spanyol, puluhan petugas pemadam kebakaran yang didukung oleh pesawat sedang berjuang bersama melawan kebakaran hutan yang terjadi Sabtu sore (31/7) di dekat waduk San Juan. []

Artikel Asli