Kepala Intelijen Luar Negeri Rusia Akui CIA adalah Salah Satu yang Terbaik di Dunia

rmol.id | Global | Published at 02/08/2021 11:58
Kepala Intelijen Luar Negeri Rusia Akui CIA adalah Salah Satu yang Terbaik di Dunia

RMOL.Rusia mengakui bahwa Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat atau CIA adalah salah satu dari tiga badan intelijen terkuat dan paling otoritatif di dunia. Hal itu diakui oleh Sergei Naryshkin, Direktur Dinas Rusia, yang mengatakannya pada Minggu (1/8) dalam wawancaranya di saluran televisi Rossiya-1.

"Saya telah mengatakannya dan akan mengulanginya lagi bahwa dinas khusus ini (CIA) adalah salah satu dari tiga badan intelijen yang paling kuat dan paling otoritatif," kata Naryshkin, menambahkan bahwa Badan Intelijen Luar Negeri Rusia juga ada di antara tiga terbaik itu.

Menurut Naryshkin, Rusia menghormati CIA, serta para staf dan analisnya yang berpengalaman. Apalagi dengan sumber daya keuangannya yang sepuluh kali lebih besar dari anggaran Dinas Intelijen Asing.

Presiden AS Joe Biden dalam pidatonya kepada komunitas intelijen AS pada 27 Juli lalu mengklaim bahwa badan-badan intelijen Amerika jauh lebih baik daripada Rusia. Hal yang kemudian diragukan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Meski sumber daya keuangan yang besar yang dimiliki CIA, Naryshkin mengatakan bahwa Badan Intelijen Luar Negeri Rusia pun tak kalah memiliki sumber saya.

"Rusia menang dengan kemampuan, bukan dengan angka," katanya.

"Kami akui, saya ulangi, mereka (CIA) adalah salah satu yang terbaik di dunia," katanya lagi, seraya menambahkan bahwa pelayanan Rusia juga salah satu yang terbaik. []

Artikel Asli