Thailand Perpanjang Penguncian Hingga Akhir Agustus

rmol.id | Global | Published at 02/08/2021 07:30
Thailand Perpanjang Penguncian Hingga Akhir Agustus

RMOL.Pemerintah Thailand kembali memperpanjang tindakan penguncian yang akan berakhir pada Senin (2/8). Perpanjangan tersebut berlaku mulai Selasa (3/8) dan akan berlangsung selama dua minggu ke depan.

Asisten juru bicara Pusat Administrasi Situasi Covid-19 (CCSA) Apisamai Srirangson menyampaikan pengumuman itu pada Minggu (1/8), usai menghadiri pertemuan yang dipimpin Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha. Dia mengatakan, aturan penguncian baru itu akan mencakup jam malam mulai pukul 9 malam hingga 4 pagi, selain itu pemerintah juga akan memberlakukan tindakan tegas di Bangkok dan 28 provinsi lainnya.

CCSA akan mengevaluasi situasi pada 18 Agustus, dan Apisamai mengindikasikan bahwa perpanjangan penguncian lebih lanjut kemungkinan akan dilakukan hingga akhir Agustus.

"Kemungkinan besar perpanjangan akan berlanjut hingga 31 Agustus jika situasinya tidak membaik," katanya, seperti dikutip dari Bangkok Post, Minggu (1/8).

Gugus tugas Covid-19 sendiri saat ini telah melonggarkan pembatasan untuk restoran di zona merah gelap, memungkinkan mereka untuk menyiapkan pesanan untuk dibawa pulang, meskipun makan di tempat masih dilarang.

Pembatasan lainnya termasuk penutupan semua toko di pusat perbelanjaan pada jam 8 malam kecuali untuk pengecer yang dianggap penting, seperti supermarket, apotek, dan yang menjual peralatan medis dan komunikasi. Tidak ada transportasi umum yang tersedia dari pukul 9 malam hingga 4 pagi.

Thailand telah memberlakukan jam malam dan tindakan penguncian di Greater Bangkok Nonthaburi, Samut Prakan, Samut Sakhon, Pathum Thani dan Nakhon Pathom dan empat provinsi selatan sejak 12 Juli lalu. Lalu menambahkan Chon Buri, Chachoengsao dan Ayutthaya pada 20 Juli. []

Artikel Asli