KBRI Canberra Sambut Idul Adha Bersama Warga dan Diaspora Indonesia

sindonews | Global | Published at 22/07/2021 15:08
KBRI Canberra Sambut Idul Adha Bersama Warga dan Diaspora Indonesia

CANBERRA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Canberra bekerja sama dengan Australia-Indonesia Muslim Foundation-Australian Capital Territory (AIMF-ACT) menyelenggarakan beragam kegiatan menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 H.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha yang telah ditunggu-tunggu masyarakat dan diaspora Indonesia yang berada di Canberrra dan sekitarnya terlaksana dengan secara ketat mematuhi protokol kesehatan dan aturan pemerintah setempat di Balai Kartini KBRI Canberra, pada 10 Zulhijjah 1442 H atau 20 Juli 2021.

Gema takbir telah dikumandangkan sejak pukul 7.30 pagi, dan para jamaah berjumlah kurang lebih 100 orang yang telah mendaftar online mulai berdatangan dengan menunjukkan bukti pendaftaran kepada panitia di pintu masuk.

Meski suhu udara 6 derajat Celcius menyelimuti kota Canberra dan disertai dengan rintik hujan, namun semangat melaksanakan sholat Idul Adha bersama membuat suasana menjadi hangat.

Bertindak sebagai imam sholat yakni mahasiswa yang sedang menempuh program studi di Australian National University (ANU), Lalu Rapta Muhammad Yusron, dan dilanjutkan khutbah oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Canberra, Imran Hanafi.

Sesuai tradisi yang umum dilaksanakan di Indonesia, acara dilanjutkan dengan kegiatan silaturahmi, ramah tamah, dan saling memberi selamat serta bermaafan yang dipimpin langsung Duta Besar Kristiarto Legowo beserta Ibu Caecilia Legowo, dan Presiden AIMF-ACT, Marpuddin Aziz, bersama tokoh masyarakat Indonesia lainnya di Canberra.

Suasana akrab terasa lebih hangat lagi dalam ramah tamah antara Dubes RI, Caecilia Legowo dan DCM Syarif Alatas dan Vera Alatas serta seluruh jajaran KBRI Canberra dengan masyarakat Indonesia yang mengikuti Sholat Idul Adha di KBRI.

Kebersamaan dan silaturahmi di saat sulit ini menjadi sangat berharga untuk saling bertemu, berbagi cerita, dan melepas kangen dengan suasana keakraban ala Canberra.

Pada kesempatan ini, panitia mengumumkan telah menerima pengumpulan dana Qurban sebesar 4.900 dolar Australia yang kemudian digunakan untuk membeli 14 ekor kambing dan 3 ekor sapi yang akan disalurkan panitia AIMFA-ACT ke berbagai badan penyaluran kurban di tanah air.

Pada hari penyelenggaraan juga terkumpul dana bantuan Covid-19 sebesar 1.300 dolar Australia dan Rp250.000 yang didonasikan ke tanah air.

Artikel Asli