Presiden Mali Lolos dari Percobaan Pembunuhan saat Sholat Idul Adha di Masjid

inewsid | Global | Published at 20/07/2021 19:05
Presiden Mali Lolos dari Percobaan Pembunuhan saat Sholat Idul Adha di Masjid

DAKAR, iNews.id - Presiden Mali Assimi Goita lolos dari pecobaan pembunuhan saat melaksanakan Sholat Idul Adha di Masjid Raya Bamako, Selasa (20/7/2021). Saksi mata mengatakan ada dua orang yang ditangkap, salah satunya membawa pisau.

Kantor kepresidenan Mali menyatakan, seorang pria bersenjata tajam berusaha menusuk Goita namun berhasil digagalkan.

"Pelaku segera dilumpuhkan oleh keamanan. Penyelidikan sedang berlangsung," demikian pernyataan kantor presiden, dikutip dari Reuters.

Peristiwa terjadi selepas khotib menyelesaikan ceramah. Saat itu rombongan hendak keluar masjid untuk menyaksikan pemotongan hewan kurban. Goita langsung dibawa dari lokasi oleh para pengawalnya.

"Kami sedang melakukan penyelidikan. Setidaknya satu orang mencoba menyerang dengan pisau di Masjid Raya Bamako hari ini," kata seorang sumber keamanan, seraya menambahkan Goita dalam kondisi baik.

Pemimpin Masjid Raya Bamako Latus Toure turut menyaksikan upaya pembunuhan tersebut. Satu orang mengalami luka karena posisinya dekat dengan Goita.

Setelah sholat dan khotbah, imam biasanya pergi untuk menyembelih kurban, pemuda itu mencoba menusuk Assimi dari belakang, tapi orang lain yang terluka, kata Toure.

Mali mengalami dua kali kudeta dalam waktu kurang dari setahun, yakni pada Agustus 2020 dan Mei 2021 dipimpin oleh Goita. Sejak itu Goita menjadi presiden transisi Mali.

Artikel Asli