Masih Pandemi Covid, Negara-Negara Ini Tak Gelar Salat Idul Adha

inewsid | Global | Published at 20/07/2021 06:13
Masih Pandemi Covid, Negara-Negara Ini Tak Gelar Salat Idul Adha

ISTANBUL, iNews.id - Empat negara Arab melarang penyelenggaraan salat Idul Adha. Mereka khawatir hal kerumunan yang terjadi saat salat berjemaah skala besar tersebut memicu penyebaran Covid-19.

Keempat negara yakni Mauritania, Maroko, Oman, dan Tunisia. Pihak berwenang mengatakan keputusan tersebut untuk membendung penyebaran Covid.

Sementara negara Arab lain seperti Mesir, Arab Saudi, Kuwait, Qatar, Uni Emirat Arab (UEA) dan Yordania tetap menggelar salat Idul Adha. Meski demikian, mereka tetap menerapkan protokol kesehatan seperti membatasi waktu salat dan meniadakan khutbah.

Salat Idul Adha juga akan diadakan di Aljazair, Palestina, Libya dan Djibouti. Untuk di Bahrain, pemerintah mengizinkan salat di dalam satu masjid dengan jumlah jemaah terbatas.

Suriah, Somalia, Sudan, Libanon, Yaman dan Komoro belum mengumumkan keputusan mereka dalam menyelenggarakan salat Idul Fitri.

Universitas Johns Hopkins AS melaporkan, sejak Desember 2019, pandemi telah merenggut lebih dari 4,08 juta jiwa di 192 negara di dunia. Viurs ini juga menginfeksi 190,18 juta orang.

Artikel Asli