Warga Iran Ramai-Ramai Kunjungi ke Armenia untuk Vaksinasi Covid-19

inewsid | Global | Published at 20/07/2021 02:45
Warga Iran Ramai-Ramai Kunjungi ke Armenia untuk Vaksinasi Covid-19

YEREVAN, iNews.id - Pemerintah Armenia menyediakan vaksinasi Covid-19 gratis bagi turis. Kebijakan itu menarik banyak warga Iran untuk melakukan vaksinasi.

sebagian Iran saat ini kesulitan mendapatkan vaksin karena stok yang terbatas. Mereka akhirya bepergian ke berbagai negara tetangga, termasuk Armenia.

Komite Wisata Armenia menyebut sebanyak 8.500 warga Iran sudah mengunjungi negaranya. Salah satu tujuan terbesar untuk mendapat vaksin Covid-19.

"Kami tidak punya rencana khusus mengadakan wisata vaksinasi. Ini terjadi secara kebetulan," kata Deputi Kepala Komite Wisata Armenai Alfred Kocharyan seperti dikutip dari Reuters, Selasa (20/7/2021).

Terdapat tiga jenis vaksin Covid-19 yang tersedia di Armenia yakni Sputnik dari Rusia, Sinovac dari China, dan AstraZenecca. Vaksin tersedia gratis untuk turis.

Meski demikian, pemerintah Armenia memberikan aturan isolasi 10 hari bagi wisatawan yang ingin divaksin. Salah satu warga Irak, Shirin Darvish, mengaku kaget karena antrean untuk vaksin di Armenia juga cukup ramai karena banyaknya peminat.

"Terlalu banyak orang di sini, mereka warga Iran. Kami masih belum tahu dapat vaksin atau tidak," tuturnya.

Iran memang masih kecil persentase vaksinasinya. Baru sekitar 2,7 persen yang sudah menerima dua dosis vaksin Covid-19 dari total penduduk sebesar 83 juta orang.

Artikel Asli