Rusia Sebut Uji Tembak Rudal Hipersonik Zircon Berjalan Sukses

sindonews | Global | Published at 20/07/2021 02:07
Rusia Sebut Uji Tembak Rudal Hipersonik Zircon Berjalan Sukses

MOSKOW - Rusia mengatakan bahwa mereka telah berhasil menguji rudal jelajah hipersonik Zircon . Rudal itu disebut oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin sebagai bagian dari sistem rudal generasi baru yang tidak ada bandingannya di dunia.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa rudal itu ditembakkan dari Laksamana Gorshkov, sebuah kapal perang yang terletak di Laut Putih.

Rudal tersebut, jelas Kementerian Pertahanan Rusia, melaju dengan kecepatan sekitar tujuh kali kecepatan suara sebelum mengenai sasaran darat di garis pantai Laut Barents lebih dari 350 km jauhnya.

"Karakteristik taktis dan teknis dari rudal Tsirkon dikonfirmasi selama tes," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Selasa (20/7/2021).

Rusia berencana untuk menempatkan sistem rudal Zircon ke kapal selam dan kapal perang mereka.

Putin mengumumkan serangkaian senjata hipersonik baru pada tahun 2018. Dalam pengumuman tersebut, dia mengatakan bahwa senjata itu dapat mengenai hampir semua titik di dunia dan menghindari perisai rudal buatan Amerika Serikat (AS).

Tahun berikutnya, ia mengancam akan menempatkan rudal hipersonik di kapal perang dan kapal selam yang dapat mengintai di luar perairan teritorial AS jika Washington bergerak untuk menyebarkan senjata nuklir jarak menengah di Eropa.

Artikel Asli