Jepang Perkirakan Listrik Tenaga Surya Menjadi yang Termurah

koran-jakarta.com | Global | Published at 13/07/2021 14:20
Jepang Perkirakan Listrik Tenaga Surya Menjadi yang Termurah

TOKYO - Pemerintah Jepang memperkirakan listrik tenaga surya akan menjadi sumber listrik yang termurah dalam kurang dari satu dekade. Ini terutama karena menurunnya harga panel surya. Sejauh ini listrik tenaga nuklir dianggap sebagai cara yang paling murah guna membangkitkan listrik.

Prakiraan baru itu diumumkan oleh Kementerian Industri, Senin (12/7). Kementerian itu memperkirakan biaya pembangkitan tenaga listrik pada 2030, dengan asumsi sejumlah pembangkit listrik baru akan dibangun.

"Biaya tenaga surya untuk usaha-usaha adalah sekitar 8 hingga 11 yen per kilowattjam. Sedangkan untuk tenaga nuklir adalah 11 yen atau lebih," ungkap Kementerian Industri Jepang.

Listrik tenaga termal dari gas alam yang dicairkan akan memakan biaya sekitar 10 hingga 14 yen. Sementara itu, tenaga listrik dari batu bara adalah yang termahal dengan biaya setinggi 22 yen per kilowattjam.

Sebuah perkiraan yang dilakukan enam tahun lalu menemukan listrik tenaga nuklir sebagai sumber tenaga listrik termurah. Namun, biaya-biaya keamanan yang meningkat telah mendorong naik harganya. NHK/I-1

Artikel Asli