Dukung Protes Anti-Pemerintah, Joe Biden: AS Berdiri Bersama Rakyat Kuba

rmol.id | Global | Published at 13/07/2021 14:12
Dukung Protes Anti-Pemerintah, Joe Biden: AS Berdiri Bersama Rakyat Kuba

RMOL.Presiden Joe Biden menyuarakan solidaritas Amerika Serikat (AS) bersama rakyat Kuba yang tengah melakukan aksi protes nasional terbesar dalam beberapa dekade di negara tersebut.

Sejak akhir pekan, ribuan warga Kuba berhamburan ke jalan-jalan, memprotes krisis ekonomi dan pandemi Covid-19 karena naiknya harga makanan dan obat-obatan.

Di Gedung Putih pada Senin (12/7), Biden menyebut aksi warga Kuba sebagai "protes luar biasa" untuk menuntut kebebasan dari rezim otoriter.

"Saya rasa kita belum pernah melihat protes seperti ini dalam waktu yang sangat lama. Amerika Serikat berdiri teguh dengan rakyat Kuba saat mereka menegaskan hak-hak universal mereka, dan kami menyerukan kepada pemerintah, pemerintah Kuba, untuk menahan diri dari kekerasan dan upaya mereka untuk membungkam suara rakyat Kuba," ujar Biden, seperti dikutip ABC News.

Sementara itu, pemerintah Kuba sendiri mengecam aksi protes tersebut dan menyebut ada upaya provokasi dari pihak asing, terutama AS.

"Ada sekelompok orang yang disewa oleh pemerintah AS, dibayar secara tidak langsung melalui badan-badan pemerintah AS untuk mengorganisir demonstrasi semacam ini," ujar Presiden Miguel Diaz-Canel.

Diaz-Canel kemudian mendorong para pendukungnya untuk melawan dengan melakukan aksi protes balik.

Pada Minggu (11/7), aksi protes terjadi di sejumlah kota-kota di Kuba, menuntut Diaz-Canel untuk mundur dan pemerintah mengadakan pemilu.

Dengan sanksi yang diberikan oleh AS, Kuba mengalami krisis ekonomi yang luar biasa selama beberapa tahun terakhir. Situasi tersebut juga diperparah dengan pandemi Covid-19. []

Artikel Asli