Staf Keamanan Mendadak Harus Isoman, Bandara Heathrow Kacau

republika | Global | Published at 13/07/2021 13:46
Staf Keamanan Mendadak Harus Isoman, Bandara Heathrow Kacau

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Terminal 5 Heathrow mengalami antrean panjang di keamanan pada Senin (12/7) pagi karena staf yang bekerja tak lebih dari 100 orang. Pihak bandara mengatakan masalah itu muncul karena staf keamanan diinstruksikan untuk mengisolasi diri oleh aplikasi NHS Test and Trace.

Beberapa penumpang mengalami antrean panjang sejak pukul 06.00. Banyak yang mengeluh bahwa ada jarak sosial yang terlanggar. Hal ini terjadi ketika pemerintah menghadapi seruan untuk mengajukan perubahan pada aturan isolasi diri Covid-19.

Gangguan tersebut hanya berdampak pada Terminal 5 dan tidak melibatkan petugas Border Force. Dilansir BBC pada Selasa (13/7), beberapa penumpang mengeluh di Twitter tentang kekacauan total dan mengunggah gambar kerumunan besar di terminal.

Seorang penumpang, Kathryn Wylie, sedang melakukan perjalanan ke Glasgow ketika dia terjebak dalam gangguan tersebut. Di Terminal 5, kedua antrean keamanan dicadangkan, dengan sedikit yang dilakukan untuk memajukan orang yang memiliki penerbangan terdekat yang akan datang.

"Untungnya, seorang wanita datang untuk membagikan air, tapi saya tidak yakin itu berlangsung lama," kata Wylie.

"Begitu Anda akhirnya berhasil melewati pemeriksaan keamanan, mungkin hanya ada dua hingga empat sabuk bagasi yang berfungsi, yang membuat seluruh proses menjadi lebih berlarut-larut," ungkapnya.

Kathryn mengatakan begitu dia berada di pesawat, keberangkatannya ditunda selama satu jam lagi untuk memungkinkan orang naik ke pesawat yang belum berhasil melewati keamanan.

Keaton Stone, produser BBC di The Sky at Night, juga mencuit tentang antrean tersebut. "Belum pernah melihat Heathrow begitu sibuk!!!!" tulisnya. Sebagian besar pembatasan Covid akan berakhir pada 19 Juli. Namun perubahan yang direncanakan pada aturan isolasi diri tidak diubah hingga 16 Agustus paling cepat.

Akan tetapi banyak perusahaan, terutama di sektor perhotelan dan rekreasi, mengatakan rencana pembukaan kembali mereka berantakan. Kondisi itu terjadi karena sejumlah staf harus diisolasi setelah melakukan kontak dekat dengan seseorang yang dinyatakan positif Covid.

Juru bicara Bandara Heathrow menjelaskan pada Senin bandara memang mengalami beberapa kemacetan penumpang di keberangkatan Terminal 5 karena staf diinstruksikan untuk mengisolasi diri oleh NHS Test and Trace.

"Kami telah mengaktifkan anggota tim tambahan untuk membantu penumpang dalam perjalanan mereka dan operasi sekarang telah kembali normal. Kami mohon maaf kepada penumpang kami atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan," kata juru bicara tersebut.

Artikel Asli